Kades dan Operator Desa Dilatih Gunakan Aplikasi SIPD

Lukman Nul Hakim, telisik indonesia
Selasa, 27 Februari 2024
0 dilihat
Kades dan Operator Desa Dilatih Gunakan Aplikasi SIPD
Kepala Bapedda Konawe Kepulauan, Safiuddin Alibas saat membawakan materi penggunaan aplikasi SIPD RI. Foto: Lukman Nul Hakim/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan bersama pemerintah desa melaksanakan pelatihan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah Republik Indonesia lingkup Kabupaten Konawe Kepulauan "

KONAWE KEPULAUAN, TELISK.ID -  Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan bersama pemerintah desa (pemdes) melaksanakan pelatihan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah Republik Indonesia (SIPD RI) lingkup Kabupaten Konawe Kepulauan.

Kegiatan ini diikuti oleh kepala desa dan operator desa. Dana kegiatan ini bersumber dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) tahun anggaran 2024.

Kepala Bappeda Kabupaten Konawe Kepulauan sekaligus ketua panitia kegiatan, Safiuddin Alibas menyampaikan, pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari musrembang yaitu penginputan atas usulan desa kepada pemda.

Pada pertemuan itu Kepala Bapedda mengingatkan kepada Pemdes dalam hal ini kepala desa terkait dalam pengusulan yang telah disepakati saat musrembang, Karena kesepakatan itulah yang harus diinput dalam SIPD, karena ketika tidak diinput maka dianggap tidak mengusulkan, dan untuk kepala desa ketika mengusulkan diharapkan menginput yang menjadi kewenangan kabupaten.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Diarahkan Pakai Aplikasi SIPD RI

"Untuk usulan yang diterima kabupaten yaitu yang masuk dalam Program Strategis Nasional seperti penanganan stunting, investasi, penghapusan kemiskinan ekstrem, pengembangan pariwisata desa dan lainnya, makanya kami harapkan saat musrembang, kepala desa bisa hadir semua untuk mendapatkan sinkronisasi antara pemdes dan pemda dalam melakukan pengusulan," terang Safiuddin Alibas, Selasa (26/2/2024).

Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan melaksanakan pelatihan aplikasi SIPD RI. Foto: Lukman Nul Hakim/Telisik

 

Bupati Konawe Kepulauan yang diwakili oleh Sekertaris Daerah, Cecep Trisnajayadi saat membuka acara menyampaikan, pelatihan pada hari ini merupakan kesempatan strategis untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparat sehingga dapat membuka wawasan, membangun serta meningkatkan kemampuan dalam menyelenggarakan pembangunan.

Baca Juga: Tingkatkan SIPD Akibat Lemahnya Pemanfaatan Data Pembangunan

Untuk penerapan aplikasi SIPD RI itu sendiri merupakan salah satu sistem untuk membantu pemda dalam menerapkan sistem perencanaan pembangunan daerah secara transparan dan obyektif kepada publik.

"Kami berharap peserta dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini guna meningkatkan kualitas serta profesionalisme selaku pelaksana dan pengelola kegiatan pembangunan di kabupaten Konawe Kepulauan," ujarnya. (B-Adv)

Penulis: Lukman Nul Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga