Pemda Muna Barat Diarahkan Pakai Aplikasi SIPD RI

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 30 Januari 2024
0 dilihat
Pemda Muna Barat Diarahkan Pakai Aplikasi SIPD RI
Bimbingan teknis yang dilakukan oleh Kemendagri kepada Pemda Muna Barat terkait aplikasi SIPD RI. Foto: Ist.

" Tindaklanjuti surat edaran Kemendagri terkait implementasi SIPD, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat diarahkan untuk menggunakan aplikasi SIPD RI "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Tindaklanjuti surat edaran Kemendagri terkait implementasi SIPD, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat diarahkan untuk menggunakan aplikasi SIPD RI.

Tindaklanjut tersebut dilakukan dalam bentuk Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Kubah 9, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara yang diikuti oleh PPK, PPTK, perencanaan dan bendahara pengeluaran, mulai dari 29 Januari-2 Februari 2024 mendatang.

Pengarahan tersebut dalam rangka menindaklanjuti surat edaran Kemendagri nomor 600.54/48/SJ terkait implementasi SIPD melalui penyusunan perencanaan, penganggaran, penata usahaan, dan akuntansi pelaporan tahun 2024.

Baca Juga: Terkait Kebakaran Kantor PUPR, Ini Tanggapan Kasatreskrim Polres Muna

Selain Bimtek terkait penggunaan aplikasi SIPD RI, kemudian dirangkaikan dengan sosialisasi Permendagri nomor 19 tahun 2022 terkait kartu kredit daerah Pemda.

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakan, kartu kredit Pemda bertujuan untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi meminimalisasi uang tunai, mengurangi fraud dari transaksi tunai, dan mengurangi idle cash dari penggunaan uang persediaan.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Berhasil Tekan Inflasi, Ini Datanya

"Untuk itu, penggunaan Kartu Kredit Pemda wajib digunakan oleh pemda pada tahun anggaran 2024," ujarnya.

Untuk itu, Kepala Dinas Keuangan Muna Barat, Muhammad Taslim mengarahkan bagi pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran, PPK, PPTK dan bendahara pengeluaran dapat mengikuti kegiatan ini secara sungguh sungguh agar dapat melaksanakan tugas tugas penatusahaan keuangan secara transparan dan akuntabel.

Selanjutnya, sebagai bentuk implementasi penggunaan kartu kredit pemerintah daerah, Pj Bupati Muna Barat menginstruksikan kepada BPKAD Muna Barat untuk segera melakukan MoU dengan pihak BPD Sulawesi Tenggara. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga