Tingkatkan SIPD Akibat Lemahnya Pemanfaatan Data Pembangunan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 13 Desember 2022
0 dilihat
Tingkatkan SIPD Akibat Lemahnya Pemanfaatan Data Pembangunan
Kegiatan SPID yang digelar Pemkot dan dihadiri oleh Kementerian Dalam Negeri demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama ASN. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Kecanggihan teknologi membuat sistem informasi saat ini berkembang dengan pesat, juga memudahkan penggunanya untuk mengakses data di mana dan kapan saja "

KENDARI, TELISIK.ID - Kecanggihan teknologi membuat sistem informasi saat ini berkembang dengan pesat, juga memudahkan penggunanya untuk mengakses data di mana dan kapan saja.

Sistem informasi yang dibangun akan memberikan sebuah gambaran kinerja organisasi yang akurat bagi penggunanya dalam pengambilan keputusan. Itu lah yang saat ini dimanfaatkan oleh pemerintah untuk memantau perkembangan pemerintah dengan membangun sistem informasi pembangunan daerah (SPID).

Berdasarkan Permendagri Nomor 98 Tahun 2018, SIPD adalah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja pemerintah daerah.

Baca Juga: Peningkatan Pemahaman Guna Menanggulangi Bencana

Dalam laporan yang dimuat oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Kendari mengatakan, kegiatan tersrbut bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya terutama aparatur sipil negara (ASN).

Selain itu semua OPD diharapkan bisa menyesuaikan demi mewujudkan sistem informasi pemerintah yang bisa jadi tolak ukur dalam menyajikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Karena saat ini tuntutan dan harapan masyarakat terhadap pemerintahan semakin tinggi, sehingga pengelolaan pemerintahan juga harus lebih tinggi agar bisa beradaptasi.

Baca Juga: Delapan Aplikasi Online Siap Berjalan di Muna Barat

Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala berharap, para peserta bisa menyerap ilmu serta menerapkan ilmu yang didapatkan dari kegiatan tersebut.

"Kita berharap ada kesadaran dari peserta untuk bersungguh-sungguh mengukuti acara ini," ujarnya saat ditemui membuka kegiatan, Selasa (13/12/2022).

Kegiatan SPID Kota Kendari diharap bisa segera diimplementasikan agar pengelolaan pemerintahan bisa lebih tertib, akuntabel dan transparan dalam dipertanggung jawabkan. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga