Kadikbud Ungkap Strategi Peningkatan Fasilitas Pendidikan di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 03 September 2024
0 dilihat
Kadikbud Ungkap Strategi Peningkatan Fasilitas Pendidikan di Muna Barat
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muna Barat, Ahmad Ramadhan. Foto: kolase

" Fasilitas pendidikan di Muna Barat saat ini dianggap memadai, didukung oleh sarana dan prasarana yang baik serta tenaga pendidik yang berkualitas "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Fasilitas pendidikan di Muna Barat saat ini dianggap memadai, didukung oleh sarana dan prasarana yang baik serta tenaga pendidik yang berkualitas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ahmad Ramadhan, menyatakan bahwa fasilitas di satuan pendidikan Kabupaten Muna Barat telah mengalami peningkatan signifikan.

Peningkatan ini mencakup sarana dan prasarana serta kualitas tenaga pendidik. Pembangunan fasilitas pendidikan, yang bersumber dari APBD dan DAK, contohnya adalah pembangunan PAUD di Desa Lemoambo yang akan dimulai pada tahun 2024.

Baca Juga: Perpanjangan Pendaftaran Calon Bupati Muna Barat: Belum Ada Pendaftar di Hari Pertama

Ahmad Ramadhan mengungkapkan bahwa pihaknya berupaya mengoptimalkan pembangunan dengan alokasi dana pendidikan sebesar 20 persen dalam APBD.

Mengenai ruang belajar, saat ini tidak ada keluhan dari pihak sekolah karena fasilitas yang ada telah memadai. Namun, dengan penurunan pertumbuhan penduduk, jumlah siswa juga menurun dari tahun ke tahun, yang berdampak pada kebutuhan fasilitas dan perlengkapan lainnya.

"Secara keseluruhan, fasilitas pendidikan di Muna Barat dapat dikatakan sudah mencapai 100 persen. Kami juga berupaya memperluas pembangunan sekolah swasta melalui DAK," ujar Ahmad Ramadhan, Selasa (3/9/2024).

Selain itu, kesejahteraan tenaga pendidik menjadi perhatian utama, salah satunya dengan menambah TPP sebesar Rp 500 ribu untuk guru yang mengajar di pulau-pulau.

Dengan fasilitas yang ada, diharapkan kualitas pendidikan di Muna Barat dapat meningkat dan sesuai dengan standar pendidikan nasional.

Baca Juga: Warga Desa Nihil Muna Barat Tuntut Transparansi Penggunaan APBDesa

Kebutuhan tenaga pendidik juga akan dipenuhi dengan adanya seleksi PPPK tahun 2024, yang akan menambah 150 guru berdasarkan analisis kebutuhan untuk tahun 2025.

Sementara itu, Kabid GTK, Hasan, menjelaskan bahwa kebutuhan tambahan 150 guru di Muna Barat telah dianalisis sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran di daerah.

Saat ini menurut dia, jumlah sekolah di Muna Barat terdiri dari 115 TK/PAUD, 99 SD, dan 39 SMP. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga