Kaesang Dikabarkan Incar Posisi Pejabat Daerah, Jokowi Bangun Dinasti Politik?

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
Kaesang Dikabarkan Incar Posisi Pejabat Daerah, Jokowi Bangun Dinasti Politik?
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dikabarkan akan terjun di dunia politik, hal itu disampaikan langsung oleh sang kakak, Gibran Rakabuming. Foto: Detik.com

" Dinasti politik Joko Widodo merebak setelah isu anak bungsunya Kaesang Pangarep disebut-sebut berniat untuk terjun ke dunia politik. Hal ini dikatakan sendiri oleh sang kakak, Gibran Rakabuming yang juga seorang Wali Kota Solo "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dinasti politik Joko Widodo merebak setelah isu anak bungsunya Kaesang Pangarep disebut-sebut berniat untuk terjun ke dunia politik. Hal ini dikatakan sendiri oleh sang kakak, Gibran Rakabuming yang juga seorang Wali Kota Solo.

Dikutip dari Bbc.com, Gibran Rakabuming Raka, kakak kandung Kaesang, mengatakan adiknya mengincar jabatan ”eksekutif”. Hal itu dia ungkap setelah menghadiri sebuah acara groundbreaking di Solo.

”Mulai dari eksekutif level bawah, masa langsung presiden. DPRD enggak, tapi eksekutif,” kata Gibran.

Baca Juga: Antisipasi Kerawanan Pemilu 2024 Stakeholder Diimbau Bekerja Sama

Ketika ditanya apakah Kaesang akan maju sebagai wali kota Solo, Gibran meminta wartawan bertanya langsung kepada Kaesang. Terkait munculnya tudingan bahwa Jokowi sedang membangun dinasti politik karena anak-anaknya kini mengikuti jejaknya, Gibran tidak ambil pusing karena hasilnya bisa menang atau kalah.

“Kan nggak ada keharusan memilih Kaesang. Kaesang juga tidak ditunjuk. Tanya Kaesang saja,” ujarnya.

Dilansir dari Kompas.com, Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam menilai, rencana majunya Kaesang Pangarep yang ingin terjun ke dunia politik, utamanya pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), menunjukkan sikap aji mumpung.

Umam kemudian mengingatkan soal pernyataan Jokowi beberapa tahun lalu, yang menyatakan bahwa anak-anaknya tak berniat terjun ke dunia politik. Kabar mengenai Kaesang yang ingin terjun ke politik dan bahkan maju Pilkada, dinilai Umam tidak konsisten dengan pernyataan Jokowi tahun-tahun sebelumnya.

"(Jokowi) masa-masa awal mendapatkan amanah rakyat usai Pemilu 2014, yang mengatakan anak-anaknya tidak ada yang tertarik politik, bahkan 'hanya jualan martabak', atau 'jualan pisang'," ujar Umam.

"Faktanya, per hari ini sudah ada putra dan menantu Jokowi yang sudah mendapatkan karpet merah di kekuasaan lokal, yang diakui atau tidak, mendapatkan kemudahan karena posisi Jokowi sebagai presiden," tambah dia.

Berkaca hal tersebut, Umam menilai ada kekhawatiran munculnya konflik kepentingan atau conflict of interest. Apalagi, tambah dia, saat ini partai politik juga menyambut positif dan bahkan mendukung Kaesang terjun politik.

Apalagi, tambah dia, saat ini partai politik juga menyambut positif dan bahkan mendukung Kaesang terjun politik. Umam menduga, hal itu sarat konflik kepentingan antara partai politik dan Presiden Jokowi.

"Partai-partai politik melirik Kaesang untuk mendapatkan perhatian dari Jokowi yang masih di tampuk kepemimpinan," jelasnya.

Baca Juga: Bangun Koalisi, Gerindra-PKB Paling Solid Hadapi Pemilu 2024

"Mirip dengan para Menteri-menteri yang belakangan ini berlomba-lomba melakukan kerja sama dan memberi bantuan pada Pemerintahan Surakarta, untuk mendapatkan poin politik dari Jokowi," sambung Umam.

Kendati demikian, Umam berpandangan tidak ada yang salah secara aturan, jika Kaesang terjun ke politik. Hanya saja, hal seperti itu dinilai kurang etis dan inkonsisten dengan pernyataan dan komitmen yang pernah Jokowi sampaikan.

"Selain itu, masuknya Kaesang ke dunia politik seolah akan mempertegas sikap permisif Jokowi yang membiarkan akar politik dinasti kian menguat, bahkan di lingkup keluarga terkecilnya," ujar Umam. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga