Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Evaluasi Kinerja Perancang Peraturan Perundang-undangan

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Jumat, 23 Juni 2023
0 dilihat
Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Evaluasi Kinerja Perancang Peraturan Perundang-undangan
Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, evaluasi kinerja perancang peraturan perundang-undangan. Foto: sultra.kemenkumham.go.id

" Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, mengevaluasi kinerja perancang peraturan perundang-undangan Kawil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, bertempat di ruang legal drafter kanwil "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Kantor Wilayah  (Kakanwil) Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, mengevaluasi kinerja perancang peraturan perundang-undangan Kawil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, bertempat di ruang legal drafter kanwil, Jumat (23/6/2023).

Dalam evaluasi tersebut Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, memberi intruksi untuk mengevaluasi 2 Minggu sekali, terkait pengharmonisasi setiap rancangan peraturan daerah (raperda) dan tingkatkan kembali terkait berita acara (BA) dalam melakukan pengharmonisasi.

Tujuan evaluasi untuk kualitas kinerja perancang peraturan perundang-undangan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, dan meningkatkan kerja sama antar tim perancang peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Ambil Sumpah 2 PPNS dan 2 Notaris Pengganti

“Evaluasi raperda harus lebih rutin dilaksanakan minimal 2 Minggu sekali, guna meningkatkan kualitas kinerja para perancang peraturan perundang-undangan,” ujar Silvester Sili Laba.

Berkenaan dengan itu, SDM sangat penting untuk menunjang kinerja Kementerian Hukum dan HAM, hal itu menjadi penekanan Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej pada saat pelaksanaan rapat kerja kepegawaian Kementerian Hukum dan HAM pada 9 Juni 2023 lalu di Jakarta.

Ia mengatakan, kualitas sumber daya manusia ditentutan oleh rekrutmen dan pendidikan. Jika menjalankan tugas dengan baik maka jenjang karir tentu berjalan baik pula. Jika inputnya baik maka outputnya juga baik, namun apabil ketika inputnya baik tetapi outputnya tidak baik maka pasti ada yang salah dalam pola rekrutmennya dan jika sebaliknya inputnya jelek dan outputnya baik maka proses jenjang keringnya berjalan dengan baik.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Sidak Lapas Baubau

Tiga kata kunci yang perlu dilaksanakan dalam tugas sehari-hari, yakni integritas, transparasi dan akuntabilitas. Integritas harus dibarengi dengan kedisiplinan, kejujuran dan etika. Transparansi dan akuntabilitas harus dibarengi profesional dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.

"Jika 3 kata kunci ini dilaksanakan, maka pelayanan publik akan dilakukan secara maksimal," ujar Edward Omar Sharif Hieariej. (B-Adv)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga