adplus-dvertising

Sampah Bakal Dijemput di Rumah, Warga Bayar Iuran Sesuai Kemampuan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 15 Juni 2021
3184 dilihat
Sampah Bakal Dijemput di Rumah, Warga Bayar Iuran Sesuai Kemampuan
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari, Nismawati. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Dalam rangka memaksimalkan kebersihan kota, sampah hasil rumah tangga tidak lagi dibuang di bak sampah, tetapi akan dijemput di rumah warga masing-masing. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka memaksimalkan kebersihan kota, sampah hasil rumah tangga tidak lagi dibuang di bak sampah, tetapi akan dijemput di rumah warga masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari, Nismawati. Menurutnya, program tersebut merupakan rencana dari Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, yang bakal mulai dijalankan pada Desember 2021 mendatang.

Untuk mendukung program menjemput sampah di rumah ini, warga bakal dibebankan iuran per bulan sesuai dengan kemampuan masing-masing.


"Jadi bukan retribusi tapi iuran. Tidak masuk kas daerah, tapi menjadi biaya operasional untuk komunitas peduli lingkungan, seperti biaya bahan bakar, honor yang mengangkut, dan lainnya," katanya.

Baca juga: Rencana Meniadakan Bak Sampah akan Uji Coba dari Jalan Abunawas ke Bundaran Gubernur

Baca juga: Kerap Diusir Satpol-PP, Pasutri Ini Harus Dagang Buah Berpindah-pindah

"Untuk iuran nanti, kita sesuaikan dengan kondisi masyarakat. Kita juga sudah rapat dengan camat dan lurah," sambungnya.

Sebelumnya, Nismawati mengungkapkan, program menjemput sampah di rumah warga ini merupakan program pemerintah kota sejak dulu. Hanya saja, ada beberapa hal yang mesti disiapkan untuk menjalankan program tersebut.

Untuk merealisasikan program tersebut kata Nismawati, pihaknya telah meminta di setiap kelurahan membentuk komunitas peduli lingkungan yang akan menjalankan program jemput sampah di rumah warga.

"Nah, komunitas peduli lingkungan inilah yang nantinya akan mengambil dari rumah ke rumah. Nanti tinggal disepakati antara DLHK dengan lurah dan camat, mau di jam berapa diambil sampahnya. Nanti petugas kebersihan tinggal mengambil sampah yang sudah dijemput dari rumah warga," pungkasnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga