Kamu Karyawan? Ini 5 Cara untuk Bisa Jadi Kaya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 29 Januari 2022
0 dilihat
Kamu Karyawan? Ini 5 Cara untuk Bisa Jadi Kaya
Ilustrasi karyawan. Foto: Repro pelayanpublik.id

" Karyawan merupakan salah satu profesi yang banyak dilakukan masyarakat. Bahkan jumlah karyawan lebih banyak dibanding orang yang memilih jadi pengusaha "

KENDARI, TELISIK.ID - Karyawan merupakan salah satu profesi yang banyak dilakukan masyarakat. Bahkan jumlah karyawan lebih banyak dibanding orang yang memilih jadi pengusaha.

Mengutip uma.ac.id, berdasarkan Undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan pasal 1 ayat 2 menyebutkan bahwa karyawan adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan jasa baik untuk memenuhi kebetuhan sendiri maupun masyarakat, baik di dalam maupun di luar hubungan kerja.

Hanya saja, karyawan selalu diidentikkan dengan pendapatan pas-pasan. Bahkan juga seringkali disebut karyawan tidak mungkin menjadi kaya.

Kendati demikian, ternyata karyawan juga bisa menjadi orang yang kaya dengan upaya kerja keras dan kerja cerdas.

Melansir cnnindonesia.com, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar seorang karyawan bisa mendapatkan penghasilan lebih dan menjadi orang kaya:

1. Mulai Investasi

Perencana Keuangan sekaligus pendiri Tatadana Consulting Tejasari Asad menilai, karyawan harus mau memulai investasi. Menurutnya, investasi akan mengembangkan uang karyawan lebih optimal.

"Kita bisa meningkatkan uang yang kita miliki jauh lebih tinggi. Artinya, uang kita bekerja saat kita juga bekerja," ujar Tejasari kepada CNNIndonesia.com, Kamis (27/1/2022).

Ia menyarankan, karyawan bisa menyisihkan minimal 10 persen dari total gajinya untuk diinvestasikan. Sementara, untuk pilihan aset investasinya sendiri, Tejasari menyarankan aset yang di atas inflasi.

Artinya, nilai aset tersebut tidak akan turun atau bahkan cenderung naik kala terjadi inflasi. Ia mencontohkan beberapa aset. Misalnya, saham, emas, reksa dana, dan properti.

Tidak hanya itu, Tejasari juga mengatakan investasi harus dilakukan sedini mungkin agar hasilnya pun besar ketika karyawan pensiun.

"Coba saja mulai investasi, meski hanya Rp500 ribu per bulan, tapi kalau dijalani sejak muda, maka hasilnya tinggi," kata dia.

Investasi sambung Tejasari tidak selalu harus berbentuk uang, tapi juga ilmu. Karyawan bisa mengikuti pelatihan tertentu atau membeli buku supaya dapat mengembangkan diri.

2. Hindari Utang

Tejasari juga menyarankan agar karyawan sebisa mungkin menghindari kebiasaan berutang.

Di sini, karyawan juga harus mengatur pola konsumsinya agar tidak memaksakan untuk membeli sesuatu dengan berutang.

Pasalnya, dengan berutang, uang karyawan malah akan cepat habis karena juga harus membayar sejumlah bunga yang dilimpahkan.

"Jadi seperti digerogoti itu harta yang sudah kita kumpulkan selama bekerja," ujarnya.

3. Tingkatkan Kinerja

Perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho menilai, salah satu cara agar keuangan karyawan membaik adalah dengan meningkatkan performa atau kemampuan kerja.

Andy menilai dengan kemampuan kerja yang baik, karyawan tersebut dapat terus diandalkan dan cepat mendapat kenaikan upah.

Selain itu, hal itu juga tidak menutup kemungkinan karyawan akan mendapat bonus.

"Jadi kalau performanya bagus, mungkin setiap 3 bulan sekali ia dapat bonus. Dari situ penghasilanya jadi besar sekali," ujar Andi.

4. Hemat

Andy juga menyarankan karyawan yang ingin kaya agar tidak boros.

Menurutnya, karyawan harus mampu mengelola uangnya dan tidak mudah tergiur untuk belanja atau membeli sesuatu yang tidak terlalu perlu.

Baca Juga: Nomor Telkomsel Terblokir? Tenang, Begini Cara Aktifkan Kembali

"Artinya kalau ia gajinya tinggi tapi gaya hidupnya boros, tidak bisa mengatur uang dengan baik, tentu uangnya akan habis," katanya.

5. Usaha Sampingan

Selanjutnya, karyawan bisa menjadi kaya dengan memulai usaha sampingan yang tidak mengganggu jam kerja.

Menurut Andi, usaha tersebut bisa berupa berjualan barang, membuat bisnis jaringan, menjadi agen asuransi, agen properti dan banyak lagi.

Baca Juga: 7 Tahapan Night Skincare Routine Ini Jangan Diskip Agar Kulit Wajah Sehat Maksimal

Ia mengatakan, untuk meningkatkan penghasilan, mau tidak mau karyawan harus bekerja lebih keras. Termasuk mau memulai usaha walaupun kecil-kecilan.

"Itu bisa mendorong pertumbuhan pendapatan secara masif," tandasnya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga