7 Tahapan Night Skincare Routine Ini Jangan Diskip Agar Kulit Wajah Sehat Maksimal

Sasmiraza, telisik indonesia
Rabu, 26 Januari 2022
0 dilihat
7 Tahapan Night Skincare Routine Ini Jangan Diskip Agar Kulit Wajah Sehat Maksimal
Langkah tepat untuk mendukung proses regenerasi pada kulit wajah saat malam hari adalah dengan melakukan perawatan, seperti penggunaan skincare. Foto: Repro Suara.com

" Proses pembelahan sel-sel tubuh, termasuk sel kulit, berlangsung lebih cepat pada malam hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Proses pembelahan sel-sel tubuh, termasuk sel kulit, berlangsung lebih cepat pada malam hari. Kulit juga lebih sedikit terpapar faktor luar selama Anda tertidur. Maka dari itu, perawatan kulit yang Anda butuhkan pun akan sedikit berbeda.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik, ikuti 7 tahapan skincare malam di bawah ini yang gak boleh kamu lewatkan supaya wajah mulus dan awet muda, dikutip dari beautynesia.id:

1. Remove Makeup

Langkah pertama untuk perawatan malam hari adalah membersihkan make-up. Pilih pembersih berbasis minyak (oil based cleanser) untuk step pertama karena untuk menghilangkan make-up dan kotoran serta minyak dari kulit.

2. Double Cleanser

Setelah menggunakan oil based cleanser, langkah selanjutnya adalah gunakan water based cleanser untuk mengangkat dan menghilangkan sisa minyak, kotoran serta zat perusak radikal bebas di wajah. Jangan lupa bersihkan pula bagian leher dan dada untuk menghindari jerawat.

3. Eksfoliasi

Langkah selanjutnya adalah melakukan eksfoliasi wajah. Kamu bisa melakukan eksfoliasi dua kali seminggu dengan menggunakan scrub yang lembut untuk menghilangkan sel kulit mati yang membuat kulit kusam dan menyumbat pori-pori.

4. Toner

Seperti halnya perawatan wajah di pagi hari, langkah selanjutnya adalah gunakan toner untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit. Saat menggunakan toner, cukup tepuk-tepuk pada kulit wajah dengan kapas agar meresap di kulit. Selalu hindari menggunakan toner dengan cara menggosok di wajah.  

5. Serum

Serum merupakan step yang cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan pada kulit. Pastikan kamu memilih dengan tepat produk sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan kulitmu. Ada baiknya lebih fokus pada hidrasi wajah dan regenerasi pada malam hari, sembari menggunakan serum vitamin C yang kaya antioksidan pada siang hari.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Cara Mengatur Waktu agar Lebih Produktif

6. Sheet Mask

Untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah penuaan pada kulit, kamu bisa menambahkan sheet mask pada perawatan skincare di malam hari. Dengan banyaknya pilihan sheet mask yang tersedia di pasaran, kamu tak perlu bingung. Pilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu ya. Selain itu, sebelum membeli sheet mask pilihanmu, kamu juga bisa cek review brand sheet mask di internet.

7. Night Cream

Langkah terakhir tapi tak kalah penting dalam skincare routine malam kamu adalah night cream. Fungsi dari night cream ini adalah untuk mengunci efek dari semua produk atau skincare yang sudah kamu lakukan pada langkah-langkah sebelumnya. Dan bersiaplah bangun dengan kulit wajah yang bersinar.

Sementara itu, melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut beberapa kebiasaan yang bikin rutinitas skincare di malam hari memberikan hasil yang kurang optimal dan harus kamu hindari:

1. Tidak mencuci wajah

Mencuci wajah dengan baik dan benar adalah kunci terpenting untuk tahap rutinitas skincare lainnya. Walau hanya beraktivitas di dalam rumah dan tak mengaplikasikan makeup, tetap jangan malas mencuci wajah.

Pada malam hari, kulit wajah akan memperbaiki sel kulit mati dan melakukan regenerasi secara alami. Mencuci wajah sampai bersih mendukung proses tersebut sehingga bisa mencega munculnya masalah kulit seperti jerawat dan lainnya.

2. Kurang tidur

Percuma rajin pakai produk skincare kalau kamu tidak istirahat cukup. Tidur malam kurang dari 6 jam bisa membuat kulit kekurangan waktu untuk melakukan proses perbaikan secara alami. Akibatnya bukan cuma mata panda, tapi juga munculnya kerutan di beberapa bagian wajah dan kulit menjadi tampak kusam.

Kurang tidur juga bisa meningkatkan hormon stres serta inflamasi yang dapat memperburuk kondisi kulit. Salah satu efeknya adalah gampang jerawatan.

Baca Juga: Merasa Cemas? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

3. Melupakan pelembap

Apa pun jenis kulit wajahmu, penggunaan pelembab tidak boleh diabaikan, begitu pula saat melakukan rutinitas skincare di malam hari. Fungsinya adalah membantu menjaga kekenyalan kulit.

Jika punya tipe kulit berminyak dan mudah berjerawat, cari produk yang diformulasikan khusus untuk melawan jerawat, menghentikan peradangan, dan memiliki sifat menenangkan kulit.

4. Jarang mengganti sarung bantal

Sarung bantal juga bisa bikin kinerja skincare tidak optimal, apalagi jika berbahan katun dan sudah lama tidak diganti.

Menurut Desmond Shipp, dermatologist dari Ohio State University Wexner Medical Center, sarung bantal berbahan silk atau satin adalah jenis yang baik. Tidak cuma aman untuk kulit wajah, sarung bantal yang lembut itu juga bagus untuk menjaga kesehatan rambut. (C)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga