adplus-dvertising

Kangkung Ilegal di Amerika? Ternyata Ini Penyebabnya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Kamis, 23 Juni 2022
216 dilihat
Kangkung Ilegal di Amerika? Ternyata Ini Penyebabnya
Kerap jadi santapan favorit bagi banyak orang, nyatanya sayur kangkung dilarang di negara Amerika Serikat. Foto: Repro Grid.id

" Jika masyarakat ingin menumbuhkan tanaman kangkung, harus ada izin membeli bibit di perusahaan yang memiliki izin valid untuk menjual bijinya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sayur kangkung merupakan salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang, khususnya masyarakat Indonesia.

Biasanya sayur kangkung dimasak dengan cara ditumis dan dihidangkan di atas meja makan bersama lauk pauk lainnya.

Rasanya yang manis dan pedas tentu membuat selera kita tergugah. Namun tahukah kamu? Berbeda halnya dengan Indonesia, warga di Negara Amerika Serikat justru tidak menyukai kangkung, bahkan takut dengan sayuran tersebut. Kok bisa?


Mengutip dari Kompas.com, alasan tersebut bermula dari negara bagian Florida pada tahun 1973. Di mana kala itu Florida melarang budidaya kangkung yang dibawa sebagai tanaman pangan non-pribumi, karena menyebar di kolam sehingga menyumbat saluran air dan menghalangi perahu.

Regulator federal Amerika Serikat (AS) kemudian mengklasifikasikannya sebagai gulma berbahaya, yang sampai sekarang beberapa negara bagian masih melarang penjualan kangkung.

Adapun jika masyarakat ingin menumbuhkan tanaman kangkung, maka harus ada izin membeli bibit di perusahaan yang memiliki izin valid untuk menjual bijinya.

Selain itu, di AS dalam Undang-Undang Perlindungan Tanaman ditetapkan bahwa kangkung dilarang diangkut antar negara bagian tanpa izin.

Dan juga, salah satu dampak dari alasan kenapa kangkung dilarang di Amerika adalah munculnya pasar gelap sayuran tersebut. Di mana para penjual mendapatkan kangkung dari petani ilegal, dan orang-orang juga membelinya secara ilegal.

Itulah alasan kenapa di Amerika tidak boleh makan kangkung, tetapi seiring berubahnya zaman, aturan pun bisa berubah. Di Georgia misalnya, sudah membolehkan toko-toko menjual kangkung secara legal.

Kathy Kuzava presiden Asosiasi Industri Makanan Georgia memaparkan, semakin banyak orang Asia yang masuk ke negara bagian itu, maka komoditas dagang juga perlu berubah.

"Coba pikirkan, bagaimana kalau orang (Amerika) Selatan tidak boleh minum teh manis, atau komunitas Hispanik dilarang membeli tortilla. Di masyarakat Vietnam, di kalangan orang Asia Tenggara, kangkung sangat penting untuk diet mereka," terangnya.

Baca Juga: Dimakan Bersama Belatung Hidup, Ini Makanan Paling Aneh di Dunia

Dikutip dari 99.co, selain kangkung, terdapat beberapa bahan makanan lain yang juga dilarang dikonsumsi di Amerika yakni sebagai berikut:

1. Tebu

Memakan tebu yang berjamur atau terlalu lama disimpan dapat berisiko beracun.

Jamur yang menempel pada tebu jika tidak sengaja termakan bisa menyebabkan kematian atau penyakit saraf.

2. Singkong

Di Amerika Serikat, bahan makanan pokok ini dianggap bisa beracun jika tidak diolah dengan benar.

Umbi ini mengandung racun hidrogen sianida dan perlu regulasi ketat terkait proses pengolahan dan produksi untuk mengurangi kadar racunnya.

Baca Juga: Tolak Ajakan Nikah, Mahasiswi Cantik Ini Dibunuh di Depan Kampus

3. Susu Mentah

Amerika melarang susu yang tidak melalui proses pasterisasi karena kekhawatiran adanya bakteri yang terkandung di dalamnya.

4. Kinder Joy

Undang-undang yang berlaku di Amerika menyebut produk makanan yang menyelipkan konten selain makanan di dalamnya tidak boleh diperjualbelikan.

Pasalnya, hal itu ditakutkan membuat anak-anak akan memakan atau tersedak oleh konten selain makanan itu. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga