Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Perumahan Prajurit Harus Layak

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Selasa, 07 Juli 2020
0 dilihat
Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Perumahan Prajurit Harus Layak
Kasad Jenderal Andika Perkasa berharap, perumahan prajurit harus layak dan mempunyai sirkulasi udara yang cukup baik. Foto: Affan Safani Adham/Telisik

" Sehingga prajurit nyaman dan betah untuk tinggal di perumahan tersebut. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Melihat kondisi perumahan anggota Yonif 403/Wirasada Pratista di Kentungan, Yogyakarta, Kepala Staf Angkatan Darat  (Kasad) Jenderal Andika Perkasa berharap, perumahan prajurit harus layak, harus mempunyai sirkulasi udara yang cukup baik.

"Sehingga prajurit nyaman dan betah untuk tinggal di perumahan tersebut," katanya.

Di depan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bhakti Agus Fajari, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, Komandan Batalyon Infanteri 403/WP Mayor Inf Ade Pribadi Siregar dan seluruh perwira Yonif 403/WP, Kasad Jenderal Andika Perkasa mengatakan, jika kondisi rumah tidak baik atau tidak layak huni, akan berpengaruh atau berdampak buruk bagi prajurit yang menempati rumah tersebut.

"Dalam keseharian tugas prajurit sudah berat untuk kegiatannya," ungkap Jenderal Andika Perkasa.

Untuk itu, menurutnya, jangan sampai prajurit terbebani oleh kondisi perumahan. "Terutama apabila ditinggal tugas konsentrasi terpecah karena memikirkan keluarga yang ditinggal tugas akibat kondisi rumahnya tidak bagus," kata Jenderal Andika Perkasa.

Menurutnya, rumah yang layak akan memberi rasa aman dan nyaman bagi prajurit yang sedang melaksanakan tugas.

Baca juga: KPK: Banyak Kendaraan Dinas Tidak Dikembalikan Pejabat

Ketika meninjau perumahan anggota, ditemukan perumahan yang kondisinya sudah tidak layak lagi dan bahkan ada yang sudah rusak parah serta roboh. Sehingga rumah-rumah tersebut tidak ditempati lagi.

Kasad Jenderal Andika Perkasa mengamati ada 29 barak dengan jumlah rumah sebanyak 191 KK tidak dapat ditempati lagi. "Sehingga akan segera direnovasi," paparnya.

Dalam renovasi rumah prajurit itu, kata Jenderal Andika Perkasa, desainnya harus bagus, sirkulasi udaranya harus baik, instalasi air dan listriknya juga harus baik. "Sehingga rumah tersebut benar-benar layak huni," katanya.

Diharapkan, untuk instalasi listrik dan instalasi air harus ada dua. Sehingga apabila yang satu ada masalah, masih ada cadangan. "Demikian juga sirkulasi udara harus baik agar prajurit bisa nyaman tinggal di rumah tersebut," ujar Jenderal Andika Perkasa.

Orang nomor satu di Angkatan Darat tersebut meminta dalam pengerjaan pembangunan rumah prajurit tidak boleh satu-satu. Tapi diupayakan pada masa kondisi sulit ini dapat menampung tenaga kerja yang banyak dengan merekrut tenaga masyarakat sekitar Batalyon.

Kopda Tri Puji, salah satu penghuni perumahan, menyampaikan kepada Kasad bahwa rumah yang ditempati jika hujan ada yang bocor dan untuk kayunya sudah banyak yang keropos.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga