Kata-Kata Manis Marc Marquez usai Naik Podium Sprint Race di MotoGP Aragon, Puasa Juara Selama 1.042 Hari

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 01 September 2024
0 dilihat
Kata-Kata Manis Marc Marquez usai Naik Podium Sprint Race di MotoGP Aragon, Puasa Juara Selama 1.042 Hari
Pembalap Gresini Racing Marc Marquez memenangkan Sprint Race MotoGP Aragon 2024 di Sirkuit Aragon, Sabtu (31/8/2024). Foto: Instagram@marcmarquez93

" Marc Marquez kembali meraih gelar juara dalam sesi sprint race MotoGP Aragon 2024 di Sirkuit Motorland Aragon, setelah berjuang hampir tiga tahun atau 1.042 hari "

ARAGON, TELISIK.ID - Marc Marquez kembali meraih gelar juara dalam sesi sprint race MotoGP Aragon 2024 di Sirkuit Motorland Aragon, setelah berjuang hampir tiga tahun atau 1.042 hari.

Setelah melalui masa sulit yang panjang, pembalap asal Spanyol tersebut berhasil menunjukkan kembali kehebatannya di lintasan, meskipun hanya dalam sprint race.

Pada balapan tersebut, Marquez menjadi pembalap yang finish terdepan. Sejak start dari pole position, mantan juara dunia itu tampil tanpa cela dan tak bisa disaingi para rival.

Dominasi yang ia tunjukkan mengingatkan publik kepada kejayaan Marquez sejak 2013 hingga 2019, ketika ia masih menjadi kekuatan dominan di MotoGP.

Kemenangan ini menjadi kemenangan pertama Marquez setelah terakhir kali meraih gelar juara seri pada balapan MotoGP Emilia Romagna 2021.

Dengan demikian, Marquez mengakhiri puasa juara selama 1.042 hari, sebuah pencapaian yang tentu menjadi motivasi besar bagi pembalap berusia 31 tahun itu.

"Ini hanya sprint race, saya sadar ini hanya hari Sabtu," ujar Marquez kepada DAZN, dilansir dari CNN Indonesia, Minggu (1/9/2024).

Baca Juga: Jadwal Lengkap MotoGP Austria 2024 dan Cara Nonton Live Stream

"Tetapi, seperti yang saya bilang ke tim saya, kita harus memulainya. Atau mereka bilang ke saya, karena saya selalu berhati-hati. Besok adalah yang paling penting, jelas besok adalah balapan utama. Namun, Anda harus memulainya, Anda harus melalui tahapan demi tahapan," lanjutnya.

Meski sadar bahwa kemenangan ini bukanlah dalam balapan utama, Marquez tetap merasa puas dan bangga.

Ia mengaku kemenangan ini memberikannya semangat baru setelah cedera panjang yang dialaminya pada 2020 serta kesulitan yang dihadapi bersama Repsol Honda selama tiga musim terakhir, dari 2021 hingga 2023.

Pada musim 2024, Marquez memutuskan untuk bergabung dengan Gresini Racing. Namun, kepindahan ini tidak langsung menghasilkan kemenangan. Oleh karena itu, kemenangan di sprint race MotoGP Aragon ini menjadi momen penting bagi Marquez untuk membuktikan bahwa dirinya masih kompetitif di ajang MotoGP.

"Kami memenangi sprint pertama, ini adalah sesuatu," ungkap Marquez.

"Kita lihat saja apakah kami bisa menyelesaikannya besok dalam balapan panjang. Tetapi, akhir pekan ini kami bisa meraih sesuatu yang belum kami capai sebelumnya," tambah pemilik delapan gelar juara dunia itu.

Kemenangan ini juga memberikan kepercayaan diri lebih bagi Marquez untuk tampil baik dalam balapan utama pada hari Minggu.

"Saya pikir kombinasi pada akhir pekan ini sangat baik," jelas Marquez.

"Ini adalah sirkuit yang saya suka, sirkuit yang berputar ke kiri. Saya lebih baik di tikungan ke kiri. Dan aspal kemarin lebih baik, tetapi hujan malam tadi membuat kecepatan melambat."

Baca Juga: Daftar Nama Pembalap MotoGP 2024 dari Nomor dan Tim hingga Line-Up

Marquez juga merasa bahwa ia bisa tampil tanpa memaksakan diri, dan segalanya berjalan dengan baik. "Saya pikir saya akan lebih cepat besok," ujar pembalap yang identik dengan nomor 93 tersebut.

Dengan hasil ini, Marquez kini menempati posisi pertama di sprint race MotoGP Aragon 2024, sekaligus menduduki peringkat keempat dalam klasemen pembalap sementara.

Marquez kini mengumpulkan 204 poin, hanya terpaut 13 poin dari Enea Bastianini yang berada di peringkat ketiga. Jarak dengan Jorge Martin, yang memimpin klasemen, kini menjadi 75 poin.

Dengan sembilan balapan tersisa di musim 2024, peluang Marquez untuk kembali menjadi juara dunia MotoGP masih terbuka lebar. Jika Marquez mampu mempertahankan performanya dan terus menunjukkan dominasi seperti yang ditunjukkan di Aragon. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga