Kaya Manfaat, Kelapa Muda Favorit Berbuka Puasa

Eni Eka Wisda, telisik indonesia
Selasa, 20 April 2021
0 dilihat
Kaya Manfaat, Kelapa Muda Favorit Berbuka Puasa
Es kelapa muda. Foto: Repro merdeka.com

" Saya sangat suka es kelapa, dan saat meminumnya tenggorakan langsung segar. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kelapa muda menjadi salah satu menu favorit berbuka puasa masyarakat Kota Kendari.

Salah satu peminat kelapa muda, Suci (25) mengatakan, es kelapa muda sangat bagus untuk menyegarkan tenggorokan saat berbuka puasa.

"Saya sangat suka es kelapa, dan saat meminumnya tenggorakan langsung segar," katanya Selasa, (20/4/2021).

Harga es kelapa muda juga sangat terjangkau.

"Saya biasa beli yang harga Rp 12.000, itu sudah satu buah kelapa dan saya biasa memesan es kelapa muda susu dengan sirup DHT," ucapnya.

Di tempat yang sama, Fida (25) mengungkapkan, kelapa muda memiliki banyak vitamin yang diperlukan untuk menguatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Gempa Tektonik Guncang Kendari, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

"Setiap harinya saat menjelang buka puasa saya selalu menyempatkan untuk membeli es kelapa muda. Ini menurut saya sangat penting untuk tubuh saya, karena kita seharian berpuasa apa lagi sekarang cuacanya sangat panas," terangnya.

Pedagang kelapa muda, Siti Irmawati (35) mengungkapkan, sejak Ramadan, penghasilannya meningkat dibandingkan sebelum Ramadan.

"Alhamdulillah, pendapatan saya setiap hari meningkat, walaupun masih dalam suasana COVID-19," bebernya.

Siti Irmawati menjelaskan, harga kelapa muda yang ia jual bervariasi, mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 12.000.

Dilansir dari aladokter.com, dalam satu cangkir atau sekitar 240 ml air kelapa murni, terkandung 46 kalori dan beragam nutrisi, seperti:

  1. Karbohidrat
  2. Serat
  3. Protein
  4. Vitamin C
  5. Mineral, seperti magnesium, kalium, dan kalsium
  6. Antioksidan

Selain menghilangkan dahaga, air kelapa juga dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa yang dapat Anda peroleh:

1. Meningkatkan stamina tubuh

Tak hanya memberikan efek menyegarkan, air kelapa juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Hal ini berkat kandungan karbohidrat di dalam air kelapa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi, sehingga Anda pun bisa lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

Baca juga: Satpol PP Kendari Awasi Peredaran Miras Selama Ramadan

2. Mencegah dehidrasi

Air kelapa juga kerap digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengatasi dehidrasi ringan. Meski demikian, Anda tetap dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya untuk mencegah dehidrasi.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Air kelapa mengandung beragam antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Meski demikian, manfaat air kelapa ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

4. Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung

Air kelapa dipercaya memiliki efek yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

5. Mencegah penyakit batu ginjal

Sebuah studi menyebutkan bahwa air kelapa dapat mencegah penumpukan kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal ini menjadikan air kelapa diyakini efektif untuk mencegah batu ginjal.

6. Menurunkan tekanan darah

Manfaat air kelapa diduga baik untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Meski demikian, manfaat air kelapa untuk menurunkan tekanan darah ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. (A)

Reporter: Eni Eka Wisda

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga