Kedapatan Tidur saat Kim Jong Un Lagi Pidato, Bakal Kena Hukuman Mati

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 02 Maret 2022
0 dilihat
Kedapatan Tidur saat Kim Jong Un Lagi Pidato, Bakal Kena Hukuman Mati
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Foto: Repro Okezone.com

" Korea Utara ternyata memiliki sederet kebijakan aneh yang digagas oleh pemimpin negara itu sendiri, Kim Jong Un "

PYONGYANG, TELISIK.ID - Selain dikenal sebagai negara tertutup dan jauh dari dunia luar, Korea Utara ternyata memiliki sederet kebijakan aneh. Kebijakan aneh itu terutama digagas oleh pemimpin negara itu sendiri, Kim Jong Un.

Berikut Telisik merangkum 3 aturan aneh Kim Jong Un dilansir dari berbagai sumber.

1. Hukuman Mati

Sebagai pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un sangat tidak suka jika ada pejabat yang tidur di tengah rapat. Terlebih, ketika dirinya sedang berbicara.

Melansir Times Now News, apabila peraturan itu dilanggar, maka Kim Jong Un tak segan-segan memberikan hukuman mati kepada si pelanggar.

Salah seorang yang terkena hukuman tersebut adalah Hyon Yong-chol, Menteri Pertahanan Korea Utara. Ia dieksekusi mati pada tahun 2015 karena kedapatan tertidur saat acara militer.

Lucunya, Kim Jong Un justru pernah tertangkap kamera sedang tertidur saat acara peringatan 25 tahun kematian kakeknya, Kim Il-sung. Dalam kegiatan yang digelar pada 8 Juli 2019 itu, Kim Jong Un sangat terlihat berjuang melawan kantuknya.

Baca Juga: Tandatangani Dekrit Bebas Visa, Presiden Ukraina Kini Bebaskan Pejuang Asing Masuk

Peristiwa itu mendapat banyak sorotan dan kritikan tajam, mengingat dirinya pernah mengeksekusi pejabat yang tertidur ketika berada di sebuah acara.

2. Dilarang Tersenyum

Melansir Okezone.com, Presiden terdahulu Korea Utara, Kim Il-sung, meninggal dunia pada 8 Juli 1994. Sejak saat itu, penduduknya tidak diperbolehkan tersenyum dan minum alkohol, khusus di tanggal tersebut.

Pemerintah juga melarang masyarakat untuk menari dan berbicara keras. Ancaman hukuman berat menanti warga yang berani melawan.

Pemerintah akan mengirim si pelanggar ke kamp kerja paksa, bahkan bisa dibunuh. Sementara itu, warga juga harus sujud di kaki jasad Kim Il-sung yang diawetkan di dalam sebuah peti kaca.

3. Hanya Ada 3 Saluran Televisi

Rezim Kim Jong Un membatasi warganya untuk menonton 3 saluran televisi saja. Tentunya, saluran televisi itu dikontrol ketat oleh pemerintah.

Baca Juga: Bukan Hanya Nuklir, Ternyata Rusia Gudangnya Wanita Cantik

Pemerintah akan memberikan hukuman berat kepada warganya yang berani menonton acara televisi asing.

Bahkan, peredaran film dari Korea Selatan pun amat dilarang. Hal ini membuat warga Korea Utara memiliki keterbatasan untuk mengenal dunia luar maupun berpengetahuan luas. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga