Keindahan Kampung Watu-Watu di Tengah Kota Kendari

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 19 Juni 2023
0 dilihat
Keindahan Kampung Watu-Watu di Tengah Kota Kendari
Posko Pokdawis tempat registrasi wisatawan yang ingin berkunjung ke kampung wisata Watu-Watu. Foto: kemenparekraf.go.id

" Kampung Watu-Watu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara yang terletak di Kawasan Tahura Nipa-Nipa menjadi satu dari 500 nominasi desa wisata, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023, yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif "

KENDARI, TELISIK.ID - Kampung Watu-Watu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara yang terletak di Kawasan Tahura Nipa-Nipa menjadi satu dari 500 nominasi desa wisata, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023, yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Meski baru disahkan menjadi desa/kampung  wisata Kota Kendari pada tahun 2022, namun Kampung Wisata Watu-Watu Puncak Victo sudah memiliki angka kunjungan wisata, dengan destinasi unggulan Puncak Victorinox sebagai kawasan camping ground yang langsung berdamngan dengan wisata edukasi kawasan hutan tahura, view teluk dan Kota Kendari menjadi jualan kepada para pengunjung saat berada di titik camping ground.

Dilansir dari kemenparekraf.go.id, selain kawasan camping ground, kampung wisata watu watu puncak Victo memiliki kekuatan UMKM dan atraksi wisata pendukung seperti Air terjun dan sanggar seni. Beberapa UMKM di kawasan ini merupakan produk dan brand yang dikelola rumahan dan mampu bersaing baik ditingkat daerah bahkan sudah dinikmati pengunjung internasional.

Baca Juga: Tari Hesurabi, Atraksi Budaya Khas Desa Wisata Sombu

“Meski berada dalam Kota Kendari, dengan inftastruktur akomodasi yang cukup banyak, namun di Kampung wisata Watu-Watu puncak Victo juga memiliki fasiitas Homestay untuk wisatawan yang ingin menikmati lebih lama suasana kampung wisata ini,” tulisnya.

Budaya yang masih tetap dipertahankan oleh masyarakat Kampung wisata Watu-Watu Kota Kendari. Foto: Screenshot youtube Kampung wisata Watu-Watu

 

Tempat wisata yang cukup terkenal di kampung Watu-Watu ini adalah puncak Victo atau dikenal juga dengan nama puncak amarilis. Puncak Victo merupakan kawasan camping ground dengan view Kota Kendari. Puncak ini berada di kentinggian 250 meter di atas permukaan laut, dengan kondisi puncak landai dan berada di kawasan hutan dikelilingi pepohonan rindang membuat udaranya sejuk

Selain puncak Victo, pengunjung juga bisa menikmati indahnya air terjun Amarilis yang lokasinya tidak begitu jauh dari puncak. Pengunjung kerap kali menjadikan air terjun ini sebagai tempat persinggahan setelah dari puncak untuk bersih-bersih badan atau sekedar foto dan menikmati kesejukkan airnya.

Baca Juga: Bukit Tiga Putri Konawe Selatan Tawarkan Panorama Senja Incaran Anak Muda, Begini

Salah seorang pengunjung, Sumiati mengatakan, ketika berkunjung ke Kota Kendari kita harus ke kampung Watu-Watu karena lokasinya yang berada di perkotaan tetapi dengan suasana yang masih asri dan sejuk. Di sana juga bisa menemukan berrbagai kerajinan yang dibuat oleh para UMKM yang bisa dijadikan oleh-oleh

“Saya ke Kampung Watu-Watu sebenarnya hanya ingin ke puncak Amarilisnya, ternyata selain ada puncak Amarilis dengan pemandangan Kota Kendari ada juga air terjun yang bisa jadi tempat relaksasi dengan airnya yang sejuk dan bersih,” ujarnya. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga