Mengungkap Keindahan dan Sejarah Benteng Sorawolio

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Sabtu, 17 Juni 2023
0 dilihat
Mengungkap Keindahan dan Sejarah Benteng Sorawolio
Benteng Sorawolio Kota Baubau, menyuguhkan keunikan dan sejarah yang tidak kalah menarik dari Benteng Keraton Buton. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Tak hanya Benteng Keraton Buton, Kota Baubau juga memiliki benteng lain yang jadi tujuan wisatawan, karena menyajikan keindahan Kota Baubau dari ketinggian "

BAUBAU, TELISIK.ID - Tak hanya Benteng Keraton Buton, Kota Baubau juga memiliki benteng lain yang jadi tujuan wisatawan, karena menyajikan keindahan Kota Baubau dari ketinggian.

Terletak di wilayah administrasi Kota Baubau, tepatnya di Kelurahan Bukit Wolio Indah, benteng ini menyuguhkan keunikan dan sejarah yang tidak kalah menarik dari Benteng Keraton Buton.

Benteng Sorawolio adalah benteng yang dibangun oleh Sultan Saparagau pada tahun 1645 Masehi, sebagai benteng pertahanan pada masa Kesultanan Buton yang berada di sebelah timur.

Benteng ini dibuat dengan menggunakan batu karang dan putih telur. Dahulu kala, Benteng Sorawolio difungsikan sebagai benteng pengawal dan penyimpanan logistik pada zaman peperangan.

Baca Juga: Desa Wisata Pantai Namu Konawe Selatan Suguhkan Keindahan Bahari hingga Kearifan Lokal

Alim, salah seorang masyarakat yang bermukim di sekitar benteng, mengaku senang dan bangga dengan keberadaan benteng ini. Namun tak jarang pengunjung yang datang meninggalkan sampah dan membiarkannya berserakan.

"Mungkin dari pemerintah harus sediakan petugas kebersihan, supaya benteng ini tetap terawat," usulnya.

Seiring perkembangan, Benteng Sorawolio mengalami renovasi di tahun 2019 dan menjadi salah satu spot wisata bagi masyarakat Kota Baubau. Tak jarang wisatawan dari luar daerah turut berkunjung ke benteng ini.

Baca Juga: Paket Lengkap Desa Wisata Burangasi Buton Selatan: Kaya Keindahan Alam hingga Warisan Budaya

"Benteng ini menjadi saksi sejarah perjuangan pahlawan Buton. Banyak menyimpan sejarah, di samping itu letaknya yang yang sangat strategis dan unik, jadi wisatawan dari luar daerah juga sering datang kesini," ujar Asri, pemandu wisata lokal.

Dari atas benteng, pengunjung tidak hanya dapat melihat keindahan Teluk Baubau, namun juga dapat melihat panorama matahari terbit.

"Saya biasa ke Benteng Sorawolio untuk jogging. Kadang kalau mau lihat sunrise, berangkat dari rumah harus lebih pagi karena kalau dari benteng bagus sekali," ungkap salah seorang pengunjung, Karman, saat ditemui di pelataran Benteng, Jumat (16/6/2023). (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga