Kembangkan Pantai Sambano, Pemda Wakatobi Tunggu Perpres BOP

Musdar, telisik indonesia
Jumat, 10 Januari 2020
0 dilihat
Kembangkan Pantai Sambano, Pemda Wakatobi Tunggu Perpres BOP
Suasana pantai Sombano, Pulau Kaledupa, Wakatobi. Foto: Internet.

" Tentu posisi Sombano salah satu yang prioritas untuk dikembangkan sebagai konsentrasi pertumbuhan Industri Pariwisata di Wakatobi, namun dari 7 KSPD ada yang sudah mulai efektif dikembangkan seperti Patuno dan beberapa KSPD yang lain tetapi untuk Sombano sampai sejauh ini belum efektif dikelola (Pembangunan infrastruktur dan amenitas di dalamnya). "

KENDARI, TELISIK.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi masih menunggu Peraturan Presiden (Perpres) terkait Badan Otorita Pariwisata (BOP) Wakatobi untuk mengembangkan kawasan Pantai Sombano, di Pulau Kaledupa.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, Nadar menjelaskan bahwa, Pantai Sombano dalam Induk Pengembangan Wisata Daerah (IPARDA), masuk sebagai salah satu Kawasan Strategis Parawisata Daerah (KSPD). Kabupaten Wakatobi memiliki 7 KSPD dan Pantai Sombano adalah salah satunya.

“Tentu posisi Sombano salah satu yang prioritas untuk dikembangkan sebagai konsentrasi pertumbuhan Industri Pariwisata di Wakatobi, namun dari 7 KSPD ada yang sudah mulai efektif dikembangkan seperti Patuno dan beberapa KSPD yang lain tetapi untuk Sombano sampai sejauh ini belum efektif dikelola (Pembangunan infrastruktur dan amenitas di dalamnya),” ujar Nadar, Jumat (10/1/2020).

Nadar menerangkan bahwa, KSPD Sombano, Pulau Hoga dan Matahora masuk di dalam delineasi BOP yang artinya, kawasan tersebut sudah ada di dalam rencana yang tertuang dalam Perpres BOP.

“Jika Perpres terbentuk, maka fokus untuk pengembangan kawasannya itu akan dititik beratkan di tiga lokus (Sombano, Pulau Hoga dan Matahora) KSPD,” tambah Nadar.

Nantinya, kehadiran BOP Wakatobi kemudian dapat dilanjutkan dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di wilayah tersebut, seperti pembangunan infrastruktur jalan, air, listrik, telekomunikasi, termasuk dermaga dan bandara, yang menjadi penentu akses dari dan ke Wakatobi.

Meskipun masih menunggu Perpres BOP, Pemda tidak diam begitu saja, demi kemajuan destiasi wisata yang ada di Wakatobi, secara umum program promosi dan pemasaran tetap dijalankan.

“Sombano menjadi salah satu objek yang sudah kita promosikan dengan adanya atraksi yang dimiliki dikawasan itu, baik itu pantainya, danaunya, mangrovenya, kampung tradisionalnya dan aktivitas pendukung lainya,” jelasnya.

Sementara Dari sisi kelembagaan, Kata Nadar di Sombano telah ada komunitas pengelola pariwisata yang juga di bawah binaan mitra Pemda seperti WWS yang memiliki program untuk menjangkau pembinaan komunitas dan peningkatan kapasitas SDM-Nya, selain itu didukung Program Pemerintah Desa (Pemdes) yang cukup sadar dengan memulai mengadakan fasilitas pantai meskipun masih terbatas.

“Kawasan Sombano menjadi salah satu yang menjadi perhatian dan prioritas kita namun penting juga untuk menyeimbangkan dengan renacana besar BOP nantinya,” pungkasnya.

Baca Juga: Ini Kisah Raja Pertama, Kerajaan di Kolaka

Sebagai informasi, Pantai Sombano dapat menjadi pilihan setiap orang saat berkunjung ke Kabupaten Wakatobi, pantai ini terletak di Desa Sombano Kecamatan Kaledupa. Selain nuansa yang nyaman, pantai ini terkenal dengan air laut aslinya. Tak heran, sebagian besar pengunjung datang ke sana baik snorkeling maupun berenang.

Masyarakat juga akan menikmati angin kencang dan pepohonan yang rimbun. Plus, ini menjadi tambahan dalam menjelajahi desa terdekat. Dengan semua atraksi tersebut, kemungkinan pantai menjadi tempat liburan utama bagi para petualang dan pecinta alam.


Reporter: Mus
Editor: Sumarlin

Baca Juga