Kembangkan Wisata Alam, Balai Konservasi Ajak Warga

Mutarfin, telisik indonesia
Kamis, 14 November 2019
0 dilihat
Kembangkan Wisata Alam, Balai Konservasi Ajak Warga
Rapat kodinasi sinergisitas meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan wisata alam. Foto: Istimewa

" BKSDA Sultra akan memberdayakan mereka, bisa sebagai pengawas partisipatif, atau memberikan bantuan ekonomi produktif bagi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra siap melibatkan kelompok masyarakat dalam mengembangkan Taman Wisata Alam (TWA) Teluk Lasolo.

Sekretaris Ditektorat Jendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem ( KSDAE )  Herry Subagiadi M,SC menyampaikan, bahwa perlunya pemberdayaan masyarakat lokal dan sebagai pengawas dalam lingkungan konservasi di daerah Labengki.

Hal itu kembali dipertegas kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam  ( BKSDA ) Sultra Sakrianto Djawie, mengatakan keterlibatan masyarakat dilakukan dengan membentuk kelompok-kelompok usaha masyarakat.

“BKSDA Sultra  akan memberdayakan mereka, bisa sebagai pengawas partisipatif, atau memberikan bantuan ekonomi produktif bagi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan,” ungkapnya dalam rapat kordinasi sinergitas pemberdayaan masyarakat melalui  pengembangan wisata alam di Taman Wisata Alam (TWA) Teluk Lasolo, Kamis (14/11/2019).

Direktur Utama Labengki Nirwana Resort mengatakan, keterlibatan masyarakat  lokal sebagai  Pelaku usaha wisata.

“Masyarakat bisa jadi pengawas kawasan konservasi dari hal-hal negatif misalnya pengeboman ikan, jarahan terumbu karang, kerusakan terumbu karang akibat jangkar kapal serta edukasi pelayanan wisata," ucap Nurachmat Umar.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam menjalankan usahanya, Labengki Nirwana Resort melibatkan masyarakat lokal sebagai tenaga kerja.

Selain itu, kata Nurachmat mereka juga memanfaatkan hasil tangkap nelayan Labengki, masyarakat lokasl sebagai pemandu wisata dan tenaga selam.

“Kami membuka ruang pada masyarakat untuk bisa menjadi pelaku usaha dengan cara tidak menggangu segmen pasar law entry,” tandasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata Sultra Dr.Ir.I Gede Panca M.Pd,

Reporte: Mutarfin
Editor: Sumarlin

Baca Juga