Bukan Hanya Saat Penilaian Adipura, DLHK Harap Warga Tetap Jaga Kebersihan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 01 Juni 2021
0 dilihat
Bukan Hanya Saat Penilaian Adipura, DLHK Harap Warga Tetap Jaga Kebersihan
Petugas kebersihan saat sedang membersihkan sampah di sekitar bak sampah. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Penilaian Adipura itu harus bersih dari Januari sampai Desember, tapi kita jaga kebersihan bukan hanya saat penilaian saja. "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya saat penilaian Adipura saja, tapi harus terus dilakukan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari, Nismawati, belum lama ini.

Menurutnya, penilaian Adipura dilakukan sejak Januari hingga Desember. Namun, kata dia, penghargaan lomba Adipura sejak tahun 2021 hingga tahun ini tidak dilaksanakan, sebab warga dan pemerintah disibukkan dengan mengantisipasi penyebaran pandemi COVID-19.

"Penilaian Adipura itu harus bersih dari Januari sampai Desember, tapi kita jaga kebersihan bukan hanya saat penilaian saja," katanya.

Baca juga: Mengenang Kematian Yusuf dan Randi di Hari Lahir Pancasila

Baca juga: Tabrak Tiang Listrik, Mobil Terperosok ke Selokan di Jalan Bypass Kendari

Ia mengaku sudah mengikuti pertemuan lewat webinar dalam rangka membicarakan Adipura. Dalam rapat online tersebut, direncanakan Adipura akan kembali dilaksanakan pada 2025 mendatang.

Setelah mengikut webinar tersebut, pihaknya langsung mengikuti arahan kriteria Adipura, termasuk penataan ruang terbuka hijau (RTH) dan taman.

Olehnya itu, dalam pengelolaan sampah semua elemen harus terlibat. Bukan hanya DLHK sana, tapi semua masyarakat, khususnya pemerintah kecamatan dan kelurahan.

"Jadi saya sudah bilang, kalau misalnya kita komitmen jaga kebersihan kota, maka harus kita saling koordinasi dan bekerjasama," pungkasnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga