Kemendes PDTT Siapkan Rp 2 M Bangun Kawasan Pertanian Terintegrasi di Mutiara

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 04 September 2022
0 dilihat
Kemendes PDTT Siapkan Rp 2 M Bangun Kawasan Pertanian Terintegrasi di Mutiara
Bupati Muna, LM Rusman Emba bersama Kadis Nakertrans, Fajaruddin Wunanto dan camat mengikuti rapat di Kemendes PDTT. Foto: Ist

" Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Kemendes PDTT) baru saja menggelar rapat bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, membahas rencana kerja pengembangan kawasan transmigrasi di Muna Timur Raya (Mutiara) melalui konsep model trans science technopark "

MUNA, TELISIK.ID - Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Kemendes PDTT) baru saja menggelar rapat bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, membahas rencana kerja pengembangan kawasan transmigrasi di Muna Timur Raya (Mutiara) melalui konsep model trans science technopark.

Kemendes PDTT pun telah memberi lampu hijau mengucurkan program pembangunan di kawasan transmigrasi itu, dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas Nakertrans Muna, Fajaruddin Wunanto, untuk tahun 2023, Kemendes PDTT telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk pembangunan kawasan pertanian terintegrasi di Mutiara.

Baca Juga: Dampak BBM, Tarif Kapal Cepat Kendari-Raha-Baubau Ikut Naik

"Kawasannya satu hamparan meliputi lahan pertanian dan kadang ternak," kata Fajaruddin, Minggu (4/9/2022).

Pembangunan kawasan pertanian terintegrasi itu pula dapat didukung melalui Dana Desa (DD). Misalnya, untuk pengadaan ternaknya.

"Di DD ada 20 persen untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Dana itu bisa digunakan untuk pengembangan demplot," ujarnya.

Di kawasan transmigrasi Mutiara terdapat lima kecamatan meliputi, Maligano, Butukara, Wakorumba Selatan, Pasir Putih dan Pasikolaga dengan luas 30.758 hektare. Nah, pihaknya masih akan memperjuangkan untuk penambagan pembangunan demplot.

Baca Juga: Sail to Indonesia, Budaya Masyarakat Diperkenalkan di Festival Selat Tiworo

"Untuk pembangunan satu demplot sudah pasti, saat ini kita memperjuangkan lagi untuk di empat kecamatan," terangnya.

Bupati Muna, LM Rusman Emba sangat merespon program yang akan dikucurkan Kemendes PDTT. Pemkab tetap akan mendukung penuh program tersebut dengan mengalokasikan APBD untuk pengembangan sarana dan prasarana infrastruktur di Mutiara.

"APBD dan DD kita akan fokuskan untuk pengembangan kawasan Mutiara," tandasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga