Petugas Rutan Unaaha Temukan Sejumlah Barang Terlarang di Kamar Warga Binaan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 22 Agustus 2024
0 dilihat
Petugas Rutan Unaaha Temukan Sejumlah Barang Terlarang di Kamar Warga Binaan
Lakukan sidak, petugas Rutan Unaaha temukan sejumlah barang terlarang dalam kamar hunian warga binaan. Foto: Ist.

" Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Unaaha melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke kamar hunian warga binaan dan menemukan beberapa barang yang dilarang "

KONAWE, TELISIK.ID - Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Unaaha melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke kamar hunian warga binaan dan menemukan beberapa barang yang dilarang, Kamis (22/8/2024).

Dari hasil pelaksanaan penggeledahan kamar hunian didapatkan barang-barang terlarang, antara lain kipas angin rakitan, piring kaca, sendok besi, serta barang-barang yang berpotensi bisa dijadikan senjata untuk melakukan perbuatan kriminal.

Kepala Rutan Unaaha, Hery Kusbandono,  mengatakan sidak ini merupakan deteksi dini untuk mencegah gangguan kemamanan dan ketertiban di Rutan Unaaha.

Baca Juga: Masifkan Tim Pemenangan Sultra LA-IDA, La Ode Ida Lantik Relawan di Buton Selatan

Penggeledahan itu rutin dilakukan petugas dengan tujuan untuk mengantisipasi adanya benda terlarang yang disimpan oleh para warga binaan serta penyalahgunaan narkoba.

"Kegiatan ini adalah bentuk deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan Unaaha. Kegiatan ini juga dilaksanakan secara berkala dan terus-menerus sebagai komitmen bersama kita dalam mewujudkan Rutan Unaaha bersih dari narkoba dan barang-barang terlarang lainnya," ujar Hery.

Kegiatan sidak ini juga dilakukan dengan cara  seluruh penghuni di tiap kamar secara bergantian dikeluarkan secara tertib, dilanjutkan dengan penggeledahan badan setiap penghuni kamar.

Baca Juga: Hasil Tes Urine Balon Wabup Muna, Asrafil Negatif

"Setelah selesai penggeledahan badan kemudian dilanjutkan dengan penggeledahan kamar hunian dan disaksikan oleh perwakilan penghuni kamar," katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut bukan pertama kalinya dilakukan, namun sudah menjadi agenda rutin Rutan Unaaha sebagai upaya deteksi dini gangguan ketertiban dan keamanan.

"Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin kami untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," bebernya.

Hery berharap, dengan adanya razia rutin ini Rutan Unaaha selalu dalam keadaan aman dan kondusif, serta bebas dari handphone, pungli, dan narkoba (Halinar). (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga