Kemenhub Hadirkan Kapal Roro 500 GT, Hubungkan Antar Pulau di Wakatobi

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 05 November 2020
0 dilihat
Kemenhub Hadirkan Kapal Roro 500 GT, Hubungkan Antar Pulau di Wakatobi
Kapal Roro yang dihadirkan Kemenhub untuk Sultra. Foto: Repro Terkini.id

" Kapal penyeberangan penumpang Roro 500 GT Lintas Kaledupa-Tomia-Binongko. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Kementerian Perhubungan menghadirkan kapal Roro 500 GT di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang akan berlayar di Perairan Wakatobi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi menyampaikan, PT Industri Kapal Indonesia (IKI) telah mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk melaksanakan pembangunan satu unit kapal penyeberangan penumpang Roro 500 GT.

"Kapal penyeberangan penumpang Roro 500 GT Lintas Kaledupa-Tomia-Binongko,” ungkapnya, Kamis (5/11/2020).

Kapal Roro 500 GT yang sedang dibuat untuk lintas Kaledupa-Tomia-Binongko bernilai kontrak Rp 39,3 miliar, mampu mengangkut 265 orang penumpang dan 18 ABK. Dengan spesifikasi panjang seluruh 46,80 meter, lebar 12 meter, tinggi 3,7 meter, dan kecepatan 13 knot.

Baca juga: Luhut Binsar Panjaitan Bahas Pemanfaatan Aspal Buton

"Sekarang ini Bapak Menteri Perhubungan mendapat amanat dari Bapak Presiden untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sehingga saat ini kami membangun banyak dermaga. Selain dermaga, kami juga membangun beberapa kapal, saya bersyukur karena tahun depan kami akan berhemat lagi tidak membangun kapal karena kami akan beralih ke Buy The Service,” kata Dirjen Budi, dilansir Jppn.com

Budi menambahkan, saat ini juga Kemenhub tengah berkonsentrasi membangun penyeberangan pada area sungai dan danau.

"Saat ini juga kami sudah menghadirkan Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) sehingga dengan terbangunnya Direktorat TSDP kami cukup masif membangun dermaga sungai dan danau. Kami akan konsentrasi untuk penyeberangan sungai di danau ini,” tambahnya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga