Pemda Konawe Salurkan Air Bersih ke Warga Terdampak Kekeringan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 05 Oktober 2023
0 dilihat
Pemda Konawe Salurkan Air Bersih ke Warga Terdampak Kekeringan
Satpol PP dan pasukan Pemadam Kebakaran Konawe salurkan bantuan air bersih ke warga. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe melalui Satpol PP, melakukan pendistribusian air bersih di beberapa desa di Kecamatan Soropia yang terdampak kekeringan "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe melalui Satpol PP, melakukan pendistribusian air bersih di beberapa desa di Kecamatan Soropia yang terdampak kekeringan.

Kasatpol PP Konawe, Agus Suyono mengatakan, saat ini pihaknya bersama pasukan Pemadam Kebakaran telah melakukan penyaluran air untuk kebutuhan rumah tangga di 4 desa yang berada di Kecamatan Soropia.

"Target kami hari ini seluruh desa yang terdampak bisa mendapatkan air bersih," ungkapnya.

Baca Juga: Pemda Konawe Terima Bantuan Dana Penanggulangan Bencana Rp 15 Miliar

Untuk titik awal, lanjut Agus Suyono pihaknya menyalurkan di Desa Leppe, kemudian lanjut di desa lainnya Bajo Indah, Bajoe dan Atolano.

Penyaluran bantuan air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan di Desa Leppe, Kecamatan Soropia. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Ia menjelaskan, pihaknya akan melakukan pendistribusian jangka pendek awal selama 14 hari untuk menanggulangi kekeringan dan kekurangan air bersih ini sambil menunggu perkembangannya.

Lanjut Agus Suyono, pihak pemda melalui Dinas PU juga telah melakukan survei di beberapa desa ini untuk membangun sebuah sumur bor dalam menangani kekeringan dan untuk penanggulangan jangka panjangnya.

"Tapi untuk saat ini kita minimalisir dulu dan hari ini kita targetkan 4 sampai 5 ret untuk distribusi air bersih, lalu dilanjutkan besok," jelasnya.

Pasukan Pemadam Kebakaran Konawe saat menyalurkan bantuan air bersih di Desa Leppe, Kecamatan Soropia. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan armada yang tinggal di Kecamatan Soropia untuk terus menyalurkan air bersih kepada masyarakat yang terdampak.

Agus Suyono membeberkan, selain Kecamatan Soropia pihaknya juga akan melayani penyaluran air bersih di Kecamatan Lalonggasumeto, tercatat ada 5 desa yang juga terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih.

"Jadi armada kita nanti itu gantian satu hari di Kecamatan Soropia dan satu hari di Kecamatan Lalonggasumeto, hingga 14 hari ke depan," jelasnya.

Ia juga mengatakan dalam penyaluran air bersih ini pihaknya akan menempatkan di beberapa titik di setiap dusun yang berada di desa, kemudian masyarakat bisa mengambil di titik-titik tersebut.

Penyaluran bantuan air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan di Desa Leppe, Kecamatan Soropia. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Agus Suyono berharap dengan penyaluran air bersih ini, masyarakat bisa lebih tenang menjalankan aktivitas seperti biasa dan tidak terpengaruh oleh kekeringan ini.

"Untuk kebutuhan air bersih Insya Allah Pemda Konawe akan terus mensuplai sesuai dengan kebutuhan masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Soropia, Masnur mengungkap, tercatat sudah 4 desa yang mengalami kekeringan dan kelangkaan air bersih selama 2 Minggu terakhir ini.

Baca Juga: Cegah Kecelakaan Terulang, Pemda Konawe Tebang Pohon Sepanjang Jalan Kota Unaaha

Untuk empat desa tersebut, lanjut Masnur, di Desa Leppe ada 3 dusun yang terdampak kekeringan, Desa Bajo Indah 1 dusun, Desa Bajoe 3 dusun dan Atowatu ada 1 dusun.

"Sebelumnya sumber pangairan dari masyarakat itu dari perpipaan gunung," ungkapnya.

Tempat sama, salah satu masyarakat Desa Leppe, Nina mengatakan agar pemerintah daerah dapat terus menyalurkan air bersih selama kekeringan ini.

"Kurang lebih hampir satu bulan mi kita kekurangan air dan baru sekarang ini dapat bantuan air bersih," jelasnya. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga