Tiga Desa di Konawe Utara Terendam Banjir

Bima Saputra Lotunani, telisik indonesia
Rabu, 29 Maret 2023
0 dilihat
Tiga Desa di Konawe Utara Terendam Banjir
Terlihat warga saat berdatangan ke salah satu rumah warga di Konawe Utara yang teremdam banjir. Foto: Ist.

" Akibat diguyur hujan sejak Selasa sore, (29/3/2023), tiga desa di Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara terendam banjir "

KONAWE UTARA, TELISIK.ID - Akibat diguyur hujan sejak Selasa sore, (29/3/2023), tiga desa di Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara terendam banjir.

Tiga desa tersebut yakni Desa Mataiwoi, Desa Ambake dan Desa Punggomosi. Semuanya berada di Kecamatan Asera, Konut.

Dari pantauan di lapangan, ketinggian air kurang lebih 50 cm. Akibat banjir tersebut beberapa rumah warga terendam banjir dan barang berharga warga pun ikut terendam.

Baca Juga: Puluhan Rumah di Kolaka Utara Terendam Banjir

Salah satu warga terdampak banjir yang tidak menyebutkan namanya mengatakan, banjir tersebut terjadi akibat tersumbatnya aliran drainase yang tidak dapat menampung debit air deras.

Sementara, hasil kaji cepat (Rapid Assasment) tim siaga banjir Konut, menjelaskan, banjir di tiga desa di Konut tersebut terjadi akibat meluapnya kali Laroondulaa yang menyebabkan debit air naik dan drainase tidak dapat menampung.

Komandan Tim URC Siaga Banjir Konut, Ruksamin, di keterangan tertulisnya mengatakan, pihaknya telah mengkaji langka-langka antisipasi.

Diantara yakni, pertama, Badan Penagulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut telah melakukan kaji cepat/rapid Assasment untuk memetakan dan mendata dampak yang diakibatkan dari banjir yang menggenangi perumahan penduduk maupun infrastruktur liannya.

Kedua, dilakukan koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lintas sektor seperti TNI-Polri, BPBD, Dinas PU, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, serta pemerintah kecamatan dan desa setempat untuk mengantisipasi banjir susulan.

Baca Juga: Satu Jembatan di Kolaka Utara Putus Diterjang Banjir, Dana Rp 1,6 Miliar Disiapkan Bangun Baru

Bupati dua periode itu juga menghimbau warga Konut agar selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar rumah, dan tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak.

"Bagi warga yang berada di daerah rawan bencana banjir maupun longsor, yang bermukim dekat bantaran sungai untuk selalu besiap-siap dan waspada, serta terus berkoordinasi dengan pihak terkait serta mengupdate informasi terbaru terkait kebencanaan," jelasnya. (B)

Penulis: Bima Saputra Lotunani

Editor: Fitrah Nugraha 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga