Kery Saiful Konggoasa Dinobatkan Bupati Berkinerja Tertinggi di Kawasan Timur Indonesia

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 27 April 2023
0 dilihat
Kery Saiful Konggoasa Dinobatkan Bupati Berkinerja Tertinggi di Kawasan Timur Indonesia
Kery Saiful Konggoasa dinobatkan sebagai bupati berkinerja tertinggi di kawasan timur Indonesia. Foto: Ist.

" Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menobatkan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) sebagai salah satu bupati berkinerja tertinggi di Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menobatkan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) sebagai salah satu bupati berkinerja tertinggi di Indonesia.

Dari sepuluh bupati yang dinilai berkinerja terbaik, Bupati KSK berada di urutan 9. Meskipun di urutan kesembilan, Konawe tercatat sebagai satu-satunya kabupaten yang ditetapkan berkinerja tertinggi untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Secara berturut-turut, 10 bupati yang berkinerja tertinggi tersebut adalah Banyuwangi (Jatim), Sumedang (Jabar), Badung (Bali), Karanganyar (Jateng), Sidoarjo (Jatim), Kulon Progo (DIY), Wonogiri (Jateng), Hulu Sungai Selatan (Kalsel), Konawe (Sulawesi Tenggara) dan Bojonegoro (Jatim).

Untuk level gubernur, ada tiga provinsi yang ditetapkan Kemendagri sebagai daerah berkinerja tertinggi yakni Jateng (Ganjar Pranowo), DIY (Sri Sultan Hamengku Buwono X) dan Jawa Timur (Khofifah Indar Parawansa).

Bupati Konawe saat menerima penghargaan dari Kemenkeu RI. Foto: Ist.

 

Kemendagri juga menetapkan 10 wali kota yang berkinerja tertinggi. Dan, dari 10 wali kota, Kota Kendari dan Baubau tak termasuk di dalamnya. Kesepuluh wali kota berkinerja terbaik tersebut secara berturut-turut Semarang, Surabaya, Surakarta, Bogor, Denpasar, Makassar, Serang, Tangerang, Medan, dan Pare-Pare.

Baca Juga: Ali Mazi: Kery Saiful Konggoasa The Next Gubernur Sulawesi Tenggara

Apresiasi Kemendagri terhadap 3 gubernur, 10 bupati dan 10 wali kota yang berkinerja tertinggi ini akan diumumkan dalam acara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 yang akan digelar di Kota Makassar pada 29 April 2023.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) mengaku dirinya biasa-biasa saja karena yang dilakukan selama memimpin Konawe adalah sesuatu yang memang telah diprogramkan sesuai visi dan misi.

Kery Saiful Konggoasa saat menerima penghargaan dari Menkes RI. Foto: Ist.

 

"Kepedulianku selama ini justru tertuju pada kebutuhan dasar. Bagaimana infrastruktur penting yang dibutuhkan masyarakat, yang dibutuhkan petani. Bagaimana infrastruktur pendidikannya, kesehatannya. Dan Alhamdulillah, pertumbuhan ekonomi Konawe jauh di atas rata-rata," ujar KSK.

Ia juga mengatakan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Konawe justru menyuntik pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Artinya, penghargaan Kemendagri ini kita senang dan bangga di satu sisi ini adalah tantangan untuk lebih baik lagi. Dan, insyaAllah, ketulusan dan sukses yang kita raih di Konawe, itu juga yang mendorong saya berpikir membangun kabupaten lain. Dengan cara apa? Ya, mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara,” tutur KSK.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat menerima penghargaan desa/kelurahan cantik oleh BPS Pusat. Foto: Ist.

 

Kinerja tertinggi yang dinobatkan Kemendagri kepada pemerintahan KSK di Konawe, dinilai oleh KSK sebagai penambah semangat dalam rencana besarnya mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara.

KSK menjelaskan, Sulawesi Tenggara ini luas, topografinya menantang sebagai provinsi kepulauan, sumber daya alamnya luar biasa.

“Jika tak dikelola secara bijak, jika dikelola atas dorongan kepentingan diri dan kelompok, saya khawatir, sumber daya alam yang mestinya untuk kesejahteraan, justru berubah menjadi kerugian dan mungkin juga malapetaka. Karena itu, saya ingatkan warga Sulawesi Tenggara, hati-hati memilih pemimpin. Sulawesi Tenggara ini daerah kaya,” pungkasnya.

Baca Juga: Resmi ke NasDem, Kery Saiful Konggoasa Sebut PAN Cengeng

Sementara itu Sekertaris Daerah Kabupaten Konawe, Ferdinand Sapan mengatakan, penghargaan ini sudah melalui berbagai proses penilaian.

"Banyak indikator yang dinilai salah satunya kesesuaian antara perencanaan dan kinerja atau outputnya," ujarnya.

Untuk diketahui, Bupati Konawe telah menerima undangan untuk mengikuti Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023. Kegiatan tersebut akan berlangsung di Kota Makassar, Sabtu (29/4/2023). Para kepala daerah dengan kinerja tertinggi, termasuk Bupati Konawe akan hadir untuk menerima langsung penghargaan daerah dengan kinerja tertinggi dari Mendagri. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga