Kesbangpol Muna Barat Ajak Umat Beragama Saling Rangkul

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 04 Juni 2022
0 dilihat
Kesbangpol Muna Barat Ajak Umat Beragama Saling Rangkul
Koordinasi Kesbangpol Muna Barat bersama FKUB dan forkopimda agar daerah tetap kondusif. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Untuk menjaga kondisi daerah agar terus kondusif, pihak Kesbangpol Muna Barat secara rutin melakukan koordinasi dengan berbagai pihak "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Untuk menjaga kondisi daerah agar terus kondusif, pihak Kesbangpol Muna Barat secara rutin melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.

Di antaranya dengan Komunitas Intelijen Daerah (Kominda), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Muna Barat.

Sekretaris Kominda sekaligus Kepala Badan Kesbangpol Muna Barat, Hamse, menuturkan, Kesbangpol bersama forkopimda selama ini selalu berkoordinasi dengan intelijen daerah. Hal ini dilakukan agar kondisi di daerah tetap kondusif.  

Seperti yang diungkapkan oleh Kasi Intel Kejari Muna, Fery Febrianto. Dikatakan, kondisi di Muna Barat saat pelantikan Penjabat Bupati Muna Barat sampai saat ini berjalan kondusif.

"Sampai hari ini, dan harapannya sampai ke depannya tetap berjalan dengan kondusif," ujarnya.

Hamse mengajak umat beragama di Muna Barat saling rangkul, toleransi, agar kerukunan terus terjaga, mengingat masyarakat Muna Barat terdiri dari beragam agama maupun suku.

Baca Juga: Sepakat Direlokasi, Warga Minta Pemerintah Siapkan Hunian Sementara

"Maka dari itu kami berkoordinasi dengan FKUB agar tetap bersinergi, tetap toleransi. Dengan harapan, tidak terjadi gesekan yang mengatasnamakan agama," tambahnya.

Koordinasi yang dilakukan dengan beberapa pihak, diharapkan dapat mengantisipasi secara dini perselisihan yang timbul di daerah dengan mengatasnamakan ras, agama, maupun suku.

"Jika suatu saat ada permasalahan mengatasnamakan suku ataupun agama, maka lewat tokoh-tokoh agama ini akan diselesaikan," pungkasnya.

Baca Juga: Lantik Camat Besulutu, Pejabat Administrator dan Fungsional, Ini Pesan Sekda Konawe

Untuk menjamin terciptanya toleransi antar umat beragama, Kesbangpol Muna Barat terus melakukan pendampingan terhadap tokoh lintas agama, dengan turun ke masyarakat guna merekatkan hubungan persaudaraan.

Hamse berharap tidak ada pertikaian, masyarakat tetap solid serta bekerja sama, sehingga ke depan tidak timbul perpecahan atau perselisihan, mengingat persoalan agama merupakan hal yang sensitif.

"Maka saya sangat mendukung adanya forum ini, dan semoga bisa menjaga keberagaman, agar daerah tetap kondusif," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga