Ketua PAN Mubar: RE dan Baharuddin Mampu Beri Pembelajaran Politik

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 05 September 2020
0 dilihat
Ketua PAN Mubar: RE dan Baharuddin Mampu Beri Pembelajaran Politik
Ketua DPD PAN Mubar, La Ode Koso. Foto: Ist.

" Bukan berarti mendukung ya. Tapi, saya menilai keduanya adalah sosok negarawan dan menjadi hal positif untuk kemajuan pembangunan di daerah. "

MUNA, TELISIK.ID-  Politik itu dinamis. Setiap detik bisa berubah. Kawan pun bisa jadi lawan. Begitu juga sebaliknya, lawan bisa jadi kawan. Kira-kira itulah yang menjadi pandangan Ketua DPD PAN Muna Barat (Mubar), La Ode Koso terhadap sosok LM Rusman Emba (RE) dan LM Baharuddin.

Kendati PAN mendukung pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili (RAPI) di Pilkada Muna, Koso tidak mau masuk ke ranah itu. Ia hanya menilai RE dan Baharuddin adalah sosok yang mampu memberi pelajaran politik bagi masyarakat.

"Bukan berarti mendukung ya. Tapi, saya menilai keduanya adalah sosok negarawan dan menjadi hal positif untuk kemajuan pembangunan di daerah," kata Koso, Sabtu (5/9/2020).

Mantan Ketua DPRD Mubar itu punya alasan yang mendasar. Adalah ketika RE memiliki kemauan untuk menjalin silahturahmi bersama Baharuddin. Sama halnya dengan Baharuddin dengan ikhlas menerima RE yang nota bene rival politiknya, sekalipun belum memberi isyarat dukungan. Namun dari itu, yang menarik adalah sebagian besar loyalis Baharuddin telah menyatakan sikap bergabung bersama RE.

Baca juga: Batal Maju Pilkada, Ringa Jhon Minta Maaf

"Keduanya mampu menunjukkan bahwa dalam politik bukan untuk saling menghabisi, tapi ada momentumnya untuk saling mendukung dan mengayomi. Artinya, RE punya kemauan dan Baharuddin punya keikhlasan," ungkapnya.

Sementara itu, RE mengaku, hubungan dengan Baharuddin baik-baik saja. Keduanya tidak pernah terlibat permasalahan. Sebagai mantan Bupati Muna sekaligus orang tua, RE sangat menghormati dan membutuhkan ide-idenya untuk kelanjutan pembangunan daerah.

"Walaupun Pak Dokter (Baharuddin) tidak mendukung, saya tetap hargai dan hormati beliau. Saya tetap akan menjaga silahturahmi dengannya," pungkasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga