Gibran Blusukan Minta Restu ke Ketum Parpol Koalisi, AMIN Siap Berkompetisi Secara Fair

Mustaqim, telisik indonesia
Sabtu, 21 Oktober 2023
0 dilihat
Gibran Blusukan Minta Restu ke Ketum Parpol Koalisi, AMIN Siap Berkompetisi Secara Fair
Gibran Rakabuming Raka (tengah) menerima surat keputusan pengusungan dirinya sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto hasil Rapimnas Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10/2023). Foto: Antara

" Putra mahkota Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Sabtu (21/10/2023) ini melakukan blusukan ke beberapa ketua umum (ketum) partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Putra mahkota Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Sabtu (21/10/2023) ini melakukan blusukan ke beberapa ketua umum (ketum) partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres).

Blusukan Gibran ke beberapa ketum parpol ditengarai sebagai upaya meminta restu dukungan sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk mendampingi Prabowo di Pilpres 2024. Pagi hari sebelum Partai Golkar resmi mengumumkan Gibran sebagai bacawapres, putra sulung Jokowi itu menyambangi Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas).

Partai Amanat Nasional (PAN) termasuk partai yang tergabung di KIM. Gibran mendatangi rumah Zulhas di Jalan Widya Chandra IV No 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Rumah ini merupakan rumah dinas Zulhas sebagai Menteri Perdagangan.

Wasekjen PAN, Soni Sumarsono menceritakan, Gibran tiba sekitar pukul 09:15 WIB. Gibran berbincang hanya dengan Zulhas.  

Baca Juga: Ketemuan, Puan Akui Gibran Ingin Maju Pilpres 2024

“Keduanya tampak begitu akrab dan hangat usai berdialog selama kurang lebih 40 menit. Selesai berdialog, Gibran langsung pamit ke Zulhas. Namun belum diketahui ada agenda apa lagi yang akan dihadirinya,” tutur Soni.

Setelah bertemu Zulhas, Gibran kemudian ke DPP Partai Golkar menerima surat keputusan pengusungan dirinya sebagai bacawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto sesuai hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-2 Partai Golkar.

Sore harinya, giliran Ketum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, yang disambangi oleh Gibran di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan. Yusril tak menampik dengan kedatangan putra sulung Jokowi itu.

“Jam 4 (pukul 16:00 WIB) tadi di rumah saya di Kebayoran. Silaturahmi saja dan berbincang sekitar 45 menit,” ungkap Yusril.

Yusril beberapa hari sebelumnya, Selasa (17/10/2023), menyarankan Gibran sebaiknya tolak kesempatan bacawapres untuk Prabowo pasca putusan Mahkamah Konstitusi yang dinilainya kontroversial.

Gibran juga rencananya mau mengunjungi Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada Sabtu malam di Cikeas, Kabupaten Bogor. Gibran ditanyai terkait rencana itu, tak mengiyakan tapi sebaliknya berkelakar.

“Entar kalian nyusul, ya,” ujarnya di Kantor DPP Partai Golkar.

Gibran pun enggan menjelaskan lebih rinci soal rencana menemui SBY. Dia hanya meminta wartawan sebaiknya tidak menyusul kalaupun pertemuan itu benar.

Kendati begitu, Partai Demokrat menampik kabar yang menyebut bahwa Gibran akan menemui SBY di Cikeas. Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, mengatakan SBY sedang tidak berada di Cikeas.

“Pak SBY sedang di luar kota, sudah tiga hari. Saya sendiri kebetulan sedang dampingi beliau. Jadi tidak benar akan ada pertemuan malam ini. Karena Pak SBY sendiri tidak ada di Cikeas dan Jakarta,” ujar Jansen sebagaimana dikutip dari akun X (Twitter) pribadinya, @jansen_jsp, Sabtu (21/10/2023).

Setelah menerima surat keputusan hasil Rapimnas Golkar terhadap dirinya sebagai bacawapres, Gibran menyatakan siap menindaklanjutinya bersama bacapres Prabowo Subianto. Dia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan keluarga besar Partai Golkar.

Mengenai kehadirannya di Rapimnas Partai Golkar, Gibran yang tercatat masih sebagai kader PDIP, mengaku sudah berkomunikasi dengan ketua DPP PDIP, Puan Maharani. “Sudah, sudah komunikasi ya,” aku dia.

Baca Juga: Hasil Pemeriksaan Kesehatan Anies-Muhaimin Diserahkan ke KPU Usai Bapaslon Lain Rampung

Menurut Gibran, dirinya telah bertemu Puan pada Jumat (20/10/2023). Namun, terkait statusnya di PDIP, dia belum bersedia menjelaskan. “Nanti ajalah ya,” jawabnya.

Sementara itu, bakal pasangan calon (bapaslon) presiden-wakil presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN), mengaku belum mengetahui Gibran resmi diusung sebagai bacawapres Prabowo oleh Partai Golkar.

“Kami di dalam (saat pemeriksaan kesehatan) belum buka handphone (jadi belum tahu),” ujar Anies usai menjalani pemeriksaan kesehatan bersama Cak Imin di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Cak Imin sebaliknya merespon dengan mengucapkan selamat kepada Gibran. “Ya selamat kepada Mas Gibran, yang penting AMIN siap. Ya kita sejak awal menyiapkan diri untuk berkompetisi secara fair, terbuka, sehat, dan tentu welcome (selamat datang) siapapun yang hadir di dalam kompetisi (Pemilu) 2024. Selamat kepada mas Gibran. Selamat bisa menjadi calon,” ucap Cak Imin. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Kardin

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga