Kisah Pemilik Tiran Group Andi Amran Sulaiman yang Nyamar jadi Karyawan

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 14 September 2021
0 dilihat
Kisah Pemilik Tiran Group Andi Amran Sulaiman yang Nyamar jadi Karyawan
Bupati Konut, Ruksamin (kiri) bersama pemilik Tiran Group, Andi Amran Sulaiman (kanan) saat makan bersama. Foto: Ist.

" Saat Andi Amran Sulaiman turun dari mobil dump truk yang ditumpanginya, lanjut Ruksamin, kemudian driver diberi uang dengan nilai yang tidak diketahui "

KONAWE UTARA, TELISIK.ID - Banyak kisah inspiratif owner sebuah perusahaan yang menempuh beragam cara, agar lebih dekat dengan karyawannya.

Tak jarang, mereka akan menelusuri secara mandiri untuk mengetahui aktivitas karyawan secara ekslusif dalam bekerja.

Seperti penuturan Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin saat mengisahkan pemilik Tiran Group Andi Amran Sulaiman. Ketika mengunjungi kawasan pembangunan industri pertambangan di Kecamatan Langgikima pada suatu kesempatan.

Ruksamin mengisahkan, suatu ketika, Andi Amran Sulaiman menumpang pada mobil dump truk yang sedang dioperasikan oleh salah satu karyawan PT Tiran. Sang sopir tidak mengetahui sosok yang ia beri tumpangan adalah Andi Amran Sulaiman. Ia mengira karyawan biasa di perusahaan tersebut.

Dalam perjalanan, keduanya berinteraksi santai. Pak Andi bertanya kepada sopir mengenai besaran dan pemanfataan gaji yang sopir peroleh. Sopir pun menjawab dengan jujur.

"Gaji yang diperoleh diperuntukkan menghidupi keluarga yakni istri dan anak-anaknya. Bahkan bangga bisa membiayai buah hatinya hingga ke perguruan tinggi karena bekerja sebagai driver di PT Tiran," ujar Ruksamin saat mengisahkan Andi Amran Sulaiman bersama salah satu driver dump truk di PT Tiran, belum lama ini.

Saat Andi Amran Sulaiman turun dari mobil dump truk yang ditumpanginya, lanjut Ruksamin, kemudian driver diberi uang dengan nilai yang tidak diketahui.

"Pak Andi Amran Sulaiman tidak ingin diketahui jika memberi. Ia orang yang ikhlas, jujur dan bertanggungjawab," kisah Ruksamin.

Baca Juga: Pemilihan 60 Kades Ditunda, Digelar Serentak 124 Desa di 2022

Baca Juga: Dua Tahun Terakhir PAD Kota Baubau Turun hingga Rp 21 Miliar

Belakangan sang sopir mengetahui jika sosok yang ia beri tumpangan adalah Andi Amran Sulaiman. Ia diberitahu teman-temannya saat cerita bersama di belakang pondok tempat mereka bermukim.

Bupati Ruksamin menilai kesederhanaan Andi Amran Sulaiman adalah rahmat dari Allah sang Maha Pencipta. Sejak awal Pak Andi meniti karir sebagai karyawan biasa, kemudian menjadi Menteri Pertanian, dan kini sebagai owner atau pemilik Tiran Group yang memiliki ribuan karyawan masih sederhana dan bersahabat dengan semua orang. Makan, bergaul, bersahabat dan menghargai sesama. Bahkan mengkader karyawannya hingga menjadi pemimpin.

"Semoga tetap dengan kesederhanaan, berkah, sukses dan kesehatan senantiasa menyertai Pak Amran," kata Ruksamin.

Sosok Andi Amran Sulaiman yang sibuk bergelut di dunia bisnis, sangat dikenal luas masyarakat, khususnya di kawasan Indonesia Timur. Kepiawaiannya yang memiliki kemampuan ilmu secara holistik, ia digadang-gadang sebagai bakal calon kuat Wakil Presiden RI di Pemilu mendatang. (C)

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga