Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli, Jatim Genjot Vaksinasi COVID-19 untuk Guru

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 04 April 2021
0 dilihat
Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli, Jatim Genjot Vaksinasi COVID-19 untuk Guru
Wagub Jatim, Emil Dardak. Foto: Tri Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Kalau sudah divaksin bukan berarti risiko untuk terpapar itu hilang, tetapi bisa memitigasi atau mengurangi kerentanan serta memberikan perlindungan kepada tenaga pendidik "

SURABAYA, TELISIK.ID - Jelang diberlakukannya pembelajaran tatap muka di bulan Juli 2021 mendatang, proses vaksinasi COVID-19 terhadap guru sekolah di Jatim dipercepat.

Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak mengatakan, pemerintah sampai sekarang terus melakukan vaksinasi terhadap guru dan tenaga penunjangn pendidikan yang ada di Jatim.

“Kami target bulan Mei atau sebelum dimulainya tahun ajaran baru, semuanya sudah divaksinasi,” ungkapnya di Surabaya, Minggu (4/4/2021).

Pria yang juga Plt Ketua Demokrat Jatim ini mengatakan, perlunya vaksinasi bagi guru dan tenaga penunjang lainnya, karena keberadaan profesi mereka yang aktif berinteraksi dengan siswa.

“Kalau anak-anak sebelum usia 18 tahun belum bisa divaksinasi,” jelas mantan Bupati Trenggalek ini.

Jika mereka semua sudah menjalani vaksinasi, kata Emil, maka jumlah masyarakat terpapar COVID-19 bisa berkurang.

“Kalau sudah divaksin bukan berarti risiko untuk terpapar itu hilang, tetapi bisa memitigasi atau mengurangi kerentanan serta memberikan perlindungan kepada tenaga pendidik,” jelasnya.

Baca Juga: Anggota DPR RI Desak PT. CNI Berikan Saham Pemda Kolaka 17,8 Persen

Setelah lebih dari setahun pandemi COVID-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mewajibkan seluruh sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran tatap muka mulai Juli 2021.

Pembelajaran tatap muka dimulai Juli 2021 diputuskan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.

SKB Empat Menteri itu ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Kesehatan Budi G Sadikin. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga