KNPI Muna Barat Ajak Pelajar Lawan Narkoba

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 18 Juli 2023
0 dilihat
KNPI Muna Barat Ajak Pelajar Lawan Narkoba
KNPI Muna Barat ajak pelajar tingkat SMA perangi penyalahgunaan narkoba, di tengah maraknya pengedar dan pengguna narkoba di Sulawesi Tenggara. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Maraknya penyalahgunaan narkoba di kalangan pemuda menjadi keresahan masyarakat, pemda bersama KNPI Muna Barat sasar anak sekolah untuk perangi narkoba "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Maraknya penyalahgunaan narkoba di kalangan pemuda menjadi keresahan masyarakat, pemda bersama KNPI Muna Barat sasar anak sekolah untuk perangi narkoba.

Sosialisasi itu dihadiri oleh ketua dan pengurus KNPI Muna Barat, Asisten II Setda Muna Barat, Analis Data dan Informasi BNN Muna, serta guru dan pelajar kelas XII di SMA Negeri 1 Barangka.

Saat ini penyalahgunaan narkoba tak dapat dipungkiri lagi, baik itu dari kalangan pemuda dan orang dewasa, kasus seperti itu seolah-olah sudah tak tertutupi lagi di Sulawesi Tenggara hingga ke pelosok daerah.

Banyaknya pengedar dan konsumen terhadap obat terlarang itu menjadi keresahan masyarakat terhadap penyalahgunaan narkoba, serta akan berimbas merusak generasi muda yang notabennya sebagai estafet pembawa perubahan di daerah.

Baca Juga: 5 Desa Blank Spot di Muna Barat Prioritas Pembangunan BTS

Untuk itu, sebagai organisasi kepemudaan, KNPI Muna Barat mengambil peran mensosialisasikan dengan menyasar anak sekolah, khususnya siswa SMA untuk memberantas dan memutus tali penyalahgunaan narkoba.

"Kami juga bersinergi dengan pemda dan BNN dalam melakukan pemberantasan bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan pemuda," ungkap Ketua KNPI Muna Barat, Taufan, Selasa (18/7/2023).

Siswa sekolah atau kelompok pelajar menjadi sasarannya, sebab saat ini banyaknya pengguna dan pengedar berasal dari kalangan pelajar, kemudian pelajar juga ibaratnya kaset kosong yang masih dapat dipengaruhi dengan pergaulan-pergaulan menyimpang atau pergaulan bebas.

Analis Data dan Informasi BNN Kabupaten Muna, Muhammad Syahban Sidiq mengatakan, pihaknya dalam melakukan pencegahan di kalangan masyarakat yaitu sosialisasi, penyampaian pesan, dan pelaksanaan hari anti narkoba.

"Ada beberapa hal dalam membasmi narkoba di kalangan masyarakat yang kami lakukan," ungkapnya.

Pencegahan yang dilakukan oleh pihaknya bukan hanya menyasar kalangan anak sekolah, melainkan seluruh stakeholder, dengan melakukan test urine di seluruh OPD yang ada di Muna Barat.

Selain pencegahan, pihaknya lakukan pemberdayaan masyarakat dengan memberikan pemahaman atau sharing informasi setelah itu melakukan kegiatan secara mandiri.

Itu sesuai Instruksi Presiden RI Nomor 2 Tahun 2020 bahwa instansi pemerintah, lembaga pendidikan, kelompok masyarakat, dan swasta wajib melakukan empat hal yaitu sosialisasi, test urine, melakukan pengujian, dan regulasi.

Selanjutnya pihak BNN juga melakukan rehabilitasi berdasarkan pasal 127 Undang-Undang Narkotika, jika penyalahguna narkotika yang tidak punya barang bukti pengguna narkoba maka direhabilitasi.

Baca Juga: 69 Peserta Muna Barat Lulus Berkas Berebut 20 Kuota Enumerator SKI

Kemudian pemberantasan, dengan membentuk tim terpadu bersama polres Muna, sehingga ditemukan penyalahguna narkotika akan dijatuhkan hukuman pidana.

Sementara itu, salah satu guru SMA Negeri 1 Barangka, Laode Hadapi bersyukur dengan adanya giat yang dilakukan oleh KNPI Muna Barat, dengan giat dalam memerangi penyalahgunaan narkoba ini mampu mencerahkan masa depan anak bangsa.

"Sosialisasi ini perlu diintenskan di kalangan pemuda, agar pelajar dapat memahami terkait bahaya penyalahgunaan obat terlarang ini," ujarnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga