Kolut Ditunjuk Wakili Kabupaten se-Sultra Terima Penghargaan SAKIP 2021 Secara Offline

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 19 April 2021
0 dilihat
Kolut Ditunjuk Wakili Kabupaten se-Sultra Terima Penghargaan SAKIP 2021 Secara Offline
Sekertaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Dr. Taufiq Sonda, SP.,MM. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Pemkab Kolaka Utara mendapatkan penghargaan tersebut karena dianggap sudah bekerja sesuai dokumen administrasi pemerintahan dan berdasarkan petunjuk yang telah ditentukan. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) kembali menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2021.

Penghargaan tersebut diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), atas kinerja instansi pemerintahan di Kolaka Utara yang dinilai baik.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kolaka Utara, Dr Taufiq Sonda, SP.,MM mengungkapkan, penghargaan tersebut akan diserahterimakan oleh Kemenpan RB kepada Pemkab Kolaka Utara di Jakarta, pada hari Kamis, 22 April 2021.

"Pemkab Kolaka Utara mendapatkan penghargaan tersebut karena dianggap sudah bekerja sesuai dokumen administrasi pemerintahan dan berdasarkan petunjuk yang telah ditentukan," terangnya, Senin (19/4/2021).

Menurutnya, SAKIP merupakan salah satu awards dalam mengevaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

"Dan ini sudah ada awardsnya tiap tahun yang diberikan pemerintah pusat melalui Kemenpan RB," jelasnya.

Baca Juga: Dinsos Konawe Perbaiki 14 Ribu Data Penerima Manfaat

Lebih lanjut, ia menyatakan jika Pemkab Kolaka Utara merupakan satu-satunya kabupaten yang ditunjuk Kemenpan RB mewakili kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara untuk menerima SAKIP Award tahun 2021 secara offline sementara kabupaten lain hanya secara virtual (online).

"Jadi kabupaten lain juga dapat SAKIP Award, tapi mereka hanya secara virtual. Kolaka Utara ditunjuk mewakili karena dalam rilis informasi Kemenpan RB, Kolaka Utara dinilai dan dianggap salah satu yang terbaik dalam penilaian SAKIP-nya,” bebernya.

Salah satu indikator pemberian penghargaan SAKIP kata Sekda, yaitu penyusunan dokumen laporan, baik dari sistem dokumen perdokumen perencanaan sampai sistem pelaporan pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan.

"2019 lalu Kolaka Utara naik ke grade B yang awalnya hanya mendapat grade C pada tahun 2018. Walaupun tahun 2021 ini kita masih berada pada Grade B, tetapi nilainya lebih baik lagi dari tahun 2020," pungkasnya. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga