Gubernur Sumatera Utara Pastikan Jalan Rusak Tak Hambat Pemudik, Kapolda Larang Truk Non Sembako Melintas

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Jumat, 14 April 2023
0 dilihat
Gubernur Sumatera Utara Pastikan Jalan Rusak Tak Hambat Pemudik, Kapolda Larang Truk Non Sembako Melintas
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi (tiga dari kiri) dan Kapolda Sumatera Utara (empat dari kiri) ketika memberikan keterangan kepada sejumlah awak media. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi memastikan kondisi jalan rusak sudah relatif diatasi. Masyarakat yang pulang kampung atau keluar daerah sudah bisa melaluinya dengan aman dan lancar "

MEDAN, TELISIK.ID - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi memastikan kondisi jalan rusak sudah relatif diatasi. Masyarakat yang pulang kampung atau keluar daerah sudah bisa melaluinya dengan aman dan lancar.

Untuk hari besar keagamaan Idul Fitri 1444 Hijiriah. Seluruh masyarakat di daerah itu sudah bisa menikmati jalan yang baik, sudah relatif banyak yang diperbaiki.

"Jadi masyarakat yang akan mudik, bisa mudik dengan aman dan lancar," kata Edy Rahmayadi usai rapat koordinasi dengan lintas sektoral yang digelar di Markas Polda Sumatera Utara, Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga: Pengurus PWI Sumatera Utara Dirampok 4 Pemuda, Sepeda Motor Raib

Untuk lokasi rawan kemacetan dan bencana alam, Edy Rahmayadi mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak Kodam I Bukit Barisan, Polda Sumatera Utara dan pemerintah daerah setempat untuk melakukan pengamanan.

Untuk saat ini, yang harus dijaga oleh masyarakat atau pemudik, yaitu berhati-hati dalam berkendara dan lengkapi dokumen kendaraan.

"Tetap hati-hati di jalan, agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas. Sedangkan untuk daerah rawan bencana, kami sudah rapat koordinasi. Jadi, di tempat itu akan dijaga oleh pihak BPBD daerah setempat untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," terangnya.

Sedangkan Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Panca Putra dalam kegiatan itu mengaku, tim pengamanan sudah mulai disiagakan untuk turun ke lokasi atau sejumlah titik yang dianggap rawan.

"Tanggal 17 April 2023 mendatang, kami akan menggelar apel gelar pasukan. Setelah itu, barulah seluruh anggota yang sudah mendapatkan tugas. Langsung menjalankan tugas itu," ucapnya.

Jenderal bintang dua itu mengaku sudah melakukan kontrol di jalur lintas Labuhanbatu Selatan yang merupakan pintu masuk-keluar jalur mudik. Jalur itu sudah siap dan bisa untuk dilalui.

"Dari Labusel sampai Langkat sudah saya lalui, untuk masyarakat yang memasuki Sumatera Utara, selalu patuhi rambu-rambu petunjuk. Pos terpadu juga bisa disinggahi. Dari Jawa untuk masuk ke Sumateta Utara adalah titik lelah, jangan paksakan diri. Segeralah istirahat jika lelah. Kami juga menyediakan pos pelayanan," tambahnya.

Selain itu, tim gabungan dari Polri, TNI dan pemerintah daerah setempat juga akan rutin mengontrol antisipasi kemacetan lalu lintas.

Baca Juga: Masjid Al Hidayah Polda Sumatera Utara Terima dan Salurkan Zakat Fitrah, Ini Kriterianya

"Pasar tumpah juga harus diatasi, parkir diminta untuk ditata dan ditertibkan. Sehingga tidak menimbulkan kemacetan, jika terjadi kemacetan. Maka kami akan mengatasi dengan segera. Kami harapkan masyarakat atau pemudik selalu berhati-hati dalam perjalan mudik," tuturnya.

Selanjutnya, Polda Sumatera Utara juga telah membatasi pemberlakuan pembatasan terhadap truk non sembako sampai H-2 sampai H+2 Idul Fitri 1444 Hijiriah.

"Karena itu adalah puncak arus mudik dan arus balik dan padat kendaraan. Selain itu, jalur alternatif tol Tebing Tinggi-Indrapura nantinya akan dibuka untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas. Sedangkan untuk jumlah personel, itu akan disesuaikan," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga