Dinsos Konawe Perbaiki 14 Ribu Data Penerima Manfaat

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Senin, 19 April 2021
0 dilihat
Dinsos Konawe Perbaiki 14 Ribu Data Penerima Manfaat
Kadis Dinsos Konawe, Agus Suyono. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Kita berkoordinasi dengan Disdukcapil Konawe untuk pemadanan data penerima manfaat (KPM). "

KONAWE, TELISIK.ID - Terhitung sejak awal April 2021 ini, bantuan sosial dari pemerintah pusat mulai disalurkan kepada penerima manfaat.

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Konawe tengah melakukan perbaikan data sebanyak 14 ribu penerima bantuan sosial.

Perbaikan data dimaksud untuk semua kategori penerima bantuan, yakni program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT), dan bantuan sosial tunai (BST).

Kepala Dinas Sosial Konawe, Agus Suyono mengatakan, saat ini telah bekerjasama dengan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Konawe untuk memadankan data tersebut.

"Kita berkoordinasi dengan Disdukcapil Konawe untuk pemadanan data penerima manfaat (KPM)," ungkapnya kepada Telisik.id, Senin (19/4/2021).

Ia menambahkan, secara lebih rinci untuk penerima PKH sebanyak 85 persen data penerima telah diperbaiki. Sementara data penerima BPNT 99,76 persen dan BST 100 persen.

Baca Juga: Remaja Marak Balapan Liar, Sat Lantas Konawe Intens Patroli

"Kami terus perbaiki data, bahkan diupdate setiap Minggu," singkatnya.

Ia juga menjelaskan, alur perbaikan data mulai dari calon penerima manfaat datanya telah dicek dan dikirim ke Pusat Data dan Informasi Kementerian Sosial.

Selanjutnya, pihak Pusdatin akan melakukan pemadanan ke Direktorat Jenderal Pendudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, kemudian diteruskan ke Direktorat Program Keluraga Harapan Kementerian Sosial.

Nantinya, setiap KPM yang telah disinkronkan dengan data pusat dan tidak ada kendala, maka dana bantuan akan langsung masuk ke penerima.

"Jadi tak ada lagi kendala, sudah sinkron, maka langsung masuk ke penerima dana," ungkapnya. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga