Kolaka Utara Urutan Ketiga se-Indonesia Realisasi Belanja APBD Tahun 2021

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 26 Mei 2021
0 dilihat
Kolaka Utara Urutan Ketiga se-Indonesia Realisasi Belanja APBD Tahun 2021
Tabel persentase realisasi belanja APBD kabupaten/kota se-Indonesia. Foto: Ist.

" Kita berharap agar penyerapan anggaran ini juga diikuti meningkatnya pertumbuhan ekonomi Kolaka Utara sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud dengan maksimal. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menjadi daerah ketiga dari 488 kabupaten/kota se-Indonesia dengan realisasi belanja Anggaran Pendapatan dan Belajar Daerah (APBD) tahun 2021 terbesar.

Realisasi penyerapan APBD tahun 2021 kabupaten/kota tersebut berdasarkan persentase yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia terhadap penyerapan anggaran secara nasional di atas 19,99% per 21 Mei 2021.

Pernyataan tersebut disampaikan Mendagri Muh. Tito Karnavian saat memimpin Rapat Koordinasi Langkah-Langkah Percepatan Realisasi APBD Tahun 2021 yang digelar secara virtual dan  diikuti para gubernur, bupati dan wali kota seluruh Indonesia, Selasa (25/5/2021) kemarin.

Kementerian Dalam Negeri juga  memberikan apresiasi kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang telah mencapai daya serap APBD yang tinggi dan pertumbuhan ekonominya mencapai nilai plus.

Wakil Bupati Kolaka Utara, H. Abbas, SE yang mewakili Kabupaten Kolaka Utara dalam rakor tersebut memberikan apresiasi kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta jajarannya yang selama ini bekerja maksimal sehingga semua itu bisa dicapai.

Baca juga: 2 Spesies Ikan Beracun di Dunia, Jadi Favorit Masyarakat Wakatobi

Baca juga: Wamen Perdagangan Bakal Berkunjung ke Buton

"Kita berharap agar penyerapan anggaran ini juga diikuti meningkatnya pertumbuhan ekonomi Kolaka Utara sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud dengan maksimal," terangnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kolut, Dr. Taufiq Sonda, SP. MM menjelaskan, realisasi penerapan anggaran per 21 Mei 2021 merupakan hasil kerja bersama seluruh OPD atas pengarahan Bapak Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara.

Oleh karena itu, sebagai koordinator pengelolaan keuangan daerah, ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pimpinan dan staf OPD yang telah berkontribusi baik dalam performance keuangan daerah.

"Dan yang terpenting sekarang adalah menjaga konsistensi realisasi penyerapan anggaran pada triwulan berikutnya sampai akhir tahun 2021," terangnya. saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Rabu (26/5/2021).

Turut hadir dalam kegiatan rakor tersebut Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo) Kolut, Rahman, S.Pd beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Berikut 10 besar kabupaten/kota dengan persentase realisasi belanja terbesar:

1. Kabupaten Cianjur (34,73%)

2. Kabupaten Sukabumi (32,51%)

3. Kabupaten Kolaka Utara (32,05%)

4. Kabupaten Kulon Progo (31,91%)

5. Kabupaten Serang (30,54%)

6. Kota Semarang (30,78%)

7. Kabupaten Bangli (30,61%)

8. Kabupaten Boyolali (30,55%)

9. Kabupaten Bangka Tengah (30,16%)

10. Kabupaten Bireuen (29,90%). (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga