Konkep Pamer Komoditas Porang di Munas VIII Kadin

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 29 Juni 2021
0 dilihat
Konkep Pamer Komoditas Porang di Munas VIII Kadin
Bupati Konkep, Amrullah (tengah) saat melepas tanaman Porang untuk dipmerkan ke Munas VIII KADIN. Foto: Ist.

" Amrullah optimis jika potensi Porang yang besar ini dikelola melalui industri, maka memiliki nilai tambah bagi petani, bahkan dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi warga Konkep "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Pemda Konawe Kepualauan (Konkep) bakal pamerkan komoditas Porang pada Munas VIII KADIN di Kendari Sultra, 30 Juni 2021 besok.

Bupati Konkep, Amrullah menjelaskan, potensi tanaman Porang telah menjadi komoditas unggulan daerah. Meski cara budidayanya masih dilakukan secara konvesional namun hasilnya patut diacungi jempol, sehingga layak dikembangkan.

Amrullah optimis jika potensi Porang yang besar ini dikelola melalui industri, maka memiliki nilai tambah bagi petani, bahkan dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi warga Konkep.

"Kalau hanya mengandalkan hasil pertanian yang dipasarkan tidak akan seberapa. Berbeda jika hasilnya sudah dikelolah industri, bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat," ujar Amrullah usai melepas tanaman Porang secara simbolis di Aula Rumah Jabatan Bupati Konkep, baru-baru ini.

Baca Juga: Dinsos Kolaka Verifikasi Ulang Data Penerima Bansos

Baca Juga: Sepekan Tak Terlihat, Wali Kota Kendari Umumkan Dirinya Positif COVID-19

Terlebih, kata dia, Porang tersebut memiliki peluang kebutuhan ekspor yang cukup besar. Sehingga pada momen Munas Kadin yang digelar di Kendari, Porang tersebut dapat dipamerkan ke para pengusaha yang datang dari berbagai kota se-Indonesia.

"Melalui Munas nanti komoditi ini akan dipamerkan sebagai komoditi unggulan daerah yang bisa dikembangkan," katanya.

Untuk diketahui, di ajang Munas Kadin ini selain memilih Ketua Umum yang baru  juga menjadi momen untuk memamerkan beberapa komoditi unggulan daerah Sulawesi Tenggara yang rencananya dipusatkan di Halaman Parkir Hotel Claro Kendari.

Rencananya, Munas VIII Kadin dihadiri para pengusaha se-Indonesia itu dalam jadwalnya akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo di Pelataran Masjid Al Alam Kota Kendari. (B)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga