Peringati HUT ke-78 RI, Sekda Konawe: Refleksi Perjuangan para Pahlawan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 17 Agustus 2023
0 dilihat
Peringati HUT ke-78 RI, Sekda Konawe: Refleksi Perjuangan para Pahlawan
Sekda Konawe, Ferdinand Sapan pimpin upacara perayaan HUT ke-78 RI dan ingatkan perjuangan para pahlawan. Foto: Ist.

" Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe gelar upacara bendera dalam memperingati HUT ke-78 RI, di pelataran Kantor Bupati "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe gelar upacara bendera dalam memperingati HUT ke-78 RI, di pelataran Kantor Bupati, Kamis (17/8/2022).

Dalam pelaksanaan upacara bendera ini diikuti oleh ratusan dari seluruh elemen, baik dari lingkup OPD, Polres, Forkopimda, DPRD Konawe, guru, camat, kepala desa, tenanga kesehatan, serta masyarakat umum di Kabupaten Konawe.

Sebelumnya dalam memeriahkan HUT ke-78 RI, Pemda Konawe telah melakukan serangkaian kegiatan olahraga dan seni, lomba desa merdeka, serta gerak jalan indah.

Sekda Konawe, Ferdinand Sapan  mengatakan, memperingati HUT RI ke-78 setidaknya ada tiga hakekatnya. Pertama harus menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan RI.

Baca Juga: Paskibraka Kabupaten Konawe Sukses Kibarkan Bendera Merah Putih

"Tanpa mereka apa yang kita nikmati sekarang akan mustahil dapat kita rasakan," ujarnya.

Kedua, lanjut Ferdinand, harus mampu merefleksikan perjuangan para pahlawan, itu berkat kerja keras para pejuang bukan karena pemberian.

Ferdinand menjelaskan, saat ini refleksinya kepada anak muda adalah dalam rangka mengisi kemerdekaan itu harus bekerja keras dan belajar dengan keras karena tantangan perkembangan teknologi sekarang begitu giat berkembang.

"Apabila anak muda kita tidak bisa menyesuaikan, ke depan itu bisa jadi ancaman bagi generasi muda kita," ungkapnya.

Lanjut Ferdinand, ketiga mampu merefleksikan perjuangan yang diperoleh hasil kemerdekan itu bukan hasil perjuangan satu kelompok, satu golongan atau satu suku, akan tetapi kemerdekaan itu diperoleh dari hasil perjuangan seluruh warga masyarakat Indonesia pada jaman itu.

"Sehingga menjadi kewajiban kita juga di masa sekarang dan ke depan bahwa membangun negara yang besar ini bukan hanya mampu dibangun oleh sekelompok orang, tetapi untuk semua masyarakat Indonesia. Sehingga ini menjadi tantangan bahwa persatuan itu menjadi sesuatu yang sangat penting," tutup Sekda Konawe.

Baca Juga: DPRD Bersama Pemkab Konawe Ikut Paripurna Pidato Kenegaraan

Melansir dari suara.com untuk HUT RI di tahun 2023 ini sendiri akan mengambil tema ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’. Jika dicermati, logo yang digunakan adalah perpaduan angka tujuh yang berwarna merah solid, dan angka delapan yang terbentuk dari lima garis berwarna merah.

Untuk makna filosofi dari logo ini sendiri adalah mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, kesatuan setiap elemennya. Logo ini juga bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif dengan mendorong semua elemen bangsa guna memiliki sifat tanggung jawab bersama, serta bergerak berkesinambungan menuju Indonesia Maju.

Logo yang saat ini digunakan merupakan logo karya Katarina Monika dengan tema Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo, tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuk desainer logo tersebut. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga