Korban Gempa Sulbar Terus Bertambah, 42 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

Marwan Azis, telisik indonesia
Sabtu, 16 Januari 2021
0 dilihat
Korban Gempa Sulbar Terus Bertambah, 42 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia
Reruntuhan bangunan yang ambruk akibat gempa di Sulbar. Foto: Ist.

" Selain itu, terdapat tiga rumah sakit yang saat ini aktif untuk pelayanan kedaruratan di Kabupaten Mamuju, antara lain RS Bhayangkara, RS Regional Provinsi Sulawesi Barat dan RSUD Kabupaten Mamuju. "

MAMUJU, TELISIK.ID - Korban gempa bermagnetudo 6,2 yang menghantam Sulbar terus bertambah, hingga kini dilaporkan sudah 42 orang meninggal dunia.

Hal tersebut diketahui dari data Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang diterima Telisik.id Sabtu pagi (16/1/2021).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr. Raditya Jati merinci, 34 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 8 orang meninggal di Kabupaten Majane, sehingga total yang meninggal dunia yaitu 42 orang.

Diungkapkan Pusdalops BNPB memutakhirkan data kerusakan di Kabupaten Mamuju antara lain Rumah Sakit Mitra Manakarra rusak berat, RSUD Kabupaten Mamuju rusak berat serta kerusakan di Pelabuhan Mamuju dan Jembatan Kuning yang berlokasi di Takandeang, Tapalang Mamuju.

Sedangkan di Kabupaten Majene 300 unit rumah rusak yang masih dalam proses pendataan hingga rilis ini disiarkan.

"Selain itu, terdapat tiga rumah sakit yang saat ini aktif untuk pelayanan kedaruratan di Kabupaten Mamuju, antara lain RS Bhayangkara, RS Regional Provinsi Sulawesi Barat dan RSUD Kabupaten Mamuju," ujarnya.

Baca juga: Uniknya Pantai Manakarra Mamuju, Viral karena Simbol Mata Dajjal

Ia menuturkan, sebagian wilayah di Kabupaten Mamuju sudah dapat dialiri listrik dan sebagian lainnya masih mengalami gangguan.

Kabupaten Majene masih dilakukan proses perbaikan arus listrik sehingga seluruh wilayah masih dalam keadaan padam.

BPBD Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Polewali Mandar masih melakukan pendataan dan mendirikan tempat pengungsian serta beroordinasi dengan TNI - Polri, Basarnas, relawan dan instansi terkait dalam upaya pencarian para korban terdampak gempa tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gempa susulan masih akan terjadi.

Ia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terkait adanya potensi gempa susulan dan selalu mengikuti informasi resmi yang tersedia melalui BMKG dan portal InaRisk untuk mengetahui potensi risiko bencana yang ada di sekitar tempat tinggal. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga