Korban Tewas Terbakar dalam Ledakan Pabrik Smelter PT ITSS Morowali Bertambah, Sejumlah Identitas Pekerja Belum Diketahui

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 24 Desember 2023
0 dilihat
Korban Tewas Terbakar dalam Ledakan Pabrik Smelter PT ITSS Morowali Bertambah, Sejumlah Identitas Pekerja Belum Diketahui
Detik-detik ledakan pabrik smelter PT ITSS Morowali (kiri) dan kondisi korban meninggal dunia (kanan). Foto: Ist.

" Tragedi meledaknya tungku smelter PT ITSS, kawasan PT IMIP Desa Labota, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (24/12/2023). Menyebabkan kebakaran hebat dan menelan korban jiwa. Data pekerja yang menjadi korban telah diidentifikasi "

MOROWALI, TELISIK.ID - Tragedi meledaknya tungku smelter PT ITSS, kawasan PT IMIP Desa Labota, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (24/12/2023). Menyebabkan kebakaran hebat dan menelan korban jiwa. Data pekerja yang menjadi korban telah diidentifikasi.

Dalam insiden tersebut, belasan pekerja dilaporkan meninggal dunia, dengan tambahan satu pekerja menjadi korban, dengan total keseluruhan 13 dari sebelumnya 12 pekerja tewas terbakar.

Menurut keterangan tertulis, dari Humas PT IMIP, Dedy Kurniawan, ledakan terjadi saat karyawan sedang melakukan perbaikan pada tungku smelter. Pemasangan plat pada bagian tungku tersebut menyebabkan ledakan, mengakibatkan beberapa tabung oksigen di sekitar area juga meledak, dan api merambat dengan cepat.

Baca Juga: Tungku Smelter di Morowali Meledak, Belasan Orang Meninggal Dunia

Para karyawan yang berada di area tersebut berusaha menyelamatkan diri dengan melompat dari lantai 3 karena api semakin membesar. Pukul 06.15 Wita, korban yang berhasil selamat dibawa ke klinik 1 dan 2 PT IMIP untuk mendapatkan penanganan medis. Upaya pemadaman api dilakukan dengan intensitas tinggi, akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 08.30 Wita.

Korban jiwa mencapai 13 orang, sementara 32 orang lainnya mengalami luka-luka. Tungku milik PT ITSS mengalami kerusakan berat, dengan kerugian materi diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Adapun data korban yang meninggal dunia mencakup berbagai pekerja, termasuk Zulfikar (TKI), GuO Tao (TKA), Tobing (TKI), dan Muh. Taufik (TKI), Abdul Mursalin (TKI), Mirsang (TKI), Namun, enam orang lainnya yang meninggal belum berhasil diidentifikasi dengan jelas.

Sebanyak 32 orang mengalami luka-luka, sebagian besar dengan luka bakar mencapai 70 persen di seluruh tubuh. Di antara mereka, ada yang telah dirujuk ke RSUD Bungku, sementara beberapa lainnya masih mendapatkan perawatan di klinik 2 PT IMIP. Sayangnya, identitas dua korban luka-luka masih belum diketahui.

Sebelumnya, video yang yang diterima Telisik.id, direkam selama insiden menunjukkan momen dramatis ketika para pekerja berusaha menyelamatkan diri dengan melompat dari ketinggian.

Seorang pria dalam video tersebut mengungkapkan kepedihan saat melihat rekan-rekannya berusaha menyelamatkan diri. "Cepat lompat ko kasihan," ucapnya.

Baca Juga: Belasan Orang Hangus Terbakar saat Tungku Smelter PT ITSS Morowali Meledak

Video lain berdurasi 28 detik menunjukkan proses evakuasi korban luka bakar menggunakan mobil pick up, dilakukan oleh puluhan karyawan pabrik.

Pihak berwenang menghadapi kendala dalam mengidentifikasi enam orang korban yang meninggal. Namun, satu korban yang sudah diidentifikasi, yaitu Zulfikar, telah dibawa pulang oleh pihak keluarga untuk disemayamkan di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Selain itu, 21 orang korban luka-luka sudah dirujuk ke RSUD Bungku, sementara 13 orang lainnya masih menerima perawatan medis di klinik 2 PT IMIP. Dua orang korban luka-luka belum diketahui identitasnya. (B)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga