Kota Baubau Kembangkan Kawasan Perdagangan Hasil Perikanan

Elfinasari, telisik indonesia
Jumat, 25 Agustus 2023
0 dilihat
Kota Baubau Kembangkan Kawasan Perdagangan Hasil Perikanan
Wali Kota Baubau saat memberikan sambutan pada seminar akhir studi kelayakan jasa dan perdagangan hasil perikanan. Foto: Elfinasari/Telisik

" Kota Baubau, yang berada di wilayah kepulauan Buton, merespon pentingnya memiliki kawasan jasa dan perdagangan hasil perikanan. Adapun kawasan yang diidentifikasi potensial yaitu Kelurahan Bone-Bone, Tarafu dan Wameo "

BAUBAU, TELISIK.ID - Kota Baubau, yang berada di wilayah kepulauan Buton, merespon pentingnya memiliki kawasan jasa dan perdagangan hasil perikanan. Adapun kawasan yang diidentifikasi potensial yaitu Kelurahan Bone-Bone, Tarafu dan Wameo.

Sehingga diadakan seminar untuk penyusunan studi kelayakan kawasan jasa dan perdagangan di Kota Baubau, bertempat di Hotel Mira. Jumat (25/8/2023).

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menuturkan, perikanan memiliki peran esensial dalam perekonomian nasional, bukan hanya sebagai sumber pendapatan, tetapi juga sebagai peningkatan kesempatan kerja. Di tengah upaya memajukan ekonomi, pelestarian lingkungan juga tetap menjadi prioritas.

Baca Juga: Warga Binaan Lapas Baubau Dites Urine, Ini Hasilnya

Sebagai wilayah pesisir, Kota Baubau memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai pusat perdagangan dan jasa terintegrasi dalam sektor perikanan.

Dengan infrastruktur yang tepat, kawasan itu diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjadi sentral strategis di bidang perikanan.

Pemkot Baubau telah mengidentifikasi beberapa kawasan potensial, seperti Kelurahan Bone-Bone, Tarafu dan Wameo, yang direncanakan untuk dikembangkan menjadi pusat jasa dan perdagangan hasil perikanan.

Baca Juga: Siap-Siap, Kota Baubau akan Konversi Minyak Tanah ke Gas Elpiji Tahun Depan

Namun, budidaya perikanan tampaknya lebih cocok untuk kota ini daripada penangkapan.

"Kawasan Kota Baubau memiliki keterbatasan untuk aktivitas penangkapan, sehingga mengoptimalkan budidaya menjadi solusi yang paling tepat," ujarnya

Pihak Panitia, Eko Artha berharap dengan adanya studi kelayakan ini dapat memberikan informasi akurat untuk Pemkot Baubau dalam menyusun kebijakan strategis ke depannya. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga