Kota Kendari Butuh 14.885 Dosis Vaksin untuk Capai Herd Immunity

Sumarlin, telisik indonesia
Minggu, 12 Desember 2021
0 dilihat
Kota Kendari Butuh 14.885 Dosis Vaksin untuk Capai Herd Immunity
Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran (tengah) mendampingi Mendagri saat kunjungan kerja di Kota Kendari, Sabtu (11/12/2021). Foto: Ist.

" Masih dibutuhkan sebanyak 14.885 dosis vaksin agar Kota Kendari bisa mencapai herd Immunity atau kekebalan kelompok "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Kesehatan Kota Kendari mencatat, hingga 9 Desember 2021 capaian vaksinasi sebesar 67,75 persen atau sebanyak 179.648 orang yang telah melakukan vaksinasi tahap pertama.

Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran menjelaskan, berdasarkan data yang diterima dari Dinas Kesehatan Kendari, masih dibutuhkan sebanyak 14.885 dosis vaksin agar Kota Kendari bisa mencapai herd Immunity atau kekebalan kelompok.

"Sampai tanggal 9 kemarin itu sebanyak 179.648 orang telah divaksin, kalau hingga akhir Desember bisa tercapai target vaksinasi 14.885 maka di akhir tahun total vaksinasi kita tahap satu sebanyak 194.533 atau 73 persen," jelas Siska, Minggu (12/12/2021).

Target ini lanjut Siska, sesuai arahan Presiden seperti yang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dalam rapat koordinasi dengan para kepala daerah di Sultra, Sabtu (11/12/2021).

"Pemerintah Kota Kendari bekerja sama dengan TNI dan Polri terus berupaya mempercepat pencapaian target herd Immunity, sesuai instruksi bapak Presiden yang disampaikan pak Mendagri pada kami kemarin," ungkapnya,

Baca juga: Kendari Tertinggi Capaian Vaksinasi COVID-19, Konkep Terendah

Untuk mencapai target itu, Wakil Wali Kota Kendari meminta semua pihak terkait bahu membahu bekerjasama menggunakan semua potensi, utamanya dalam mengajak masyarakat mengikuti vaksinasi.

Selain informasi tentang hoaks, Siska menambahkan, ada beberapa hal yang menyebabkan masyarakat masih enggan melakukan vaksinasi diantaranya, kurangnya dukungan keluarga terhadap vaksinasi lansia, ketakutan lansia untuk divaksin dan masyarakat yang memiliki komorbid memiliki ketakutan terhadap vaksinasi.

Sebelumnya, Mendagri Muhammad Tito Karnavian mendorong Pemerintah Daerah Sultra agar mempercepat vaksinasi COVID-19. Wilayah Sultra merupakan salah satu provinsi yang masih perlu melakukan percepatan mencapai target vaksinasi COVID-19, yakni sebesar 70 persen di akhir tahun.

Mendagri menjelaskan, Presiden Joko Widodo telah menargetkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama sebesar 70 persen hingga akhir Desember 2021 di tingkat nasional.

Mendagri sendiri merupakan salah satu pihak yang ditugaskan Presiden untuk mendorong jajaran pemerintah daerah agar dapat mempercepat vaksinasi.

“Untuk mencapai target 70 persen tersebut, maka perlu ada percepatan,” ujar Mendagri saat Rapat Koordinasi Strategi Percepatan Vaksinasi COVID-19 bersama jajaran Pemprov Sultra, Sabtu (11/12/2021).

Baca juga: Kedatangan Mendagri Bisa Percepat Target Herd Immunity Kota Kendari

Mendagri menuturkan, dari 17 kabupaten/kota di Sultra, hanya Kota Kendari yang telah mampu mencapai target vaksinasi 70 persen.

Meski begitu, Mendagri mengaku, berdasarkan Rakor tersebut ada semangat yang ditunjukkan kabupaten/kota lainnya untuk mencapai target vaksinasi.

Semangat itu seperti dengan membangun kolaborasi dengan berbagai instansi untuk mendukung vaksinasi melalui berbagai metode.

Untuk diketahui, hingga 9 Desember 2021, capaian vaksinasi di Sultra telah mencapai angka 912.914 atau 45,59 persen dari target 2.002.579.

Dari data ini, capaian vaksinasi tertinggi diraih Kota Kendari sedangkan terendah diraih Kabupaten Konawe Kepulauan dengan capaian vaksinasi sebesar 22,21 persen. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga