KPPS Kecamatan Tinanggea Soroti Uang Transportasi Pelantikan dan Bimtek Belum Diterima

Riksan Jaya, telisik indonesia
Selasa, 30 Januari 2024
0 dilihat
KPPS Kecamatan Tinanggea Soroti Uang Transportasi Pelantikan dan Bimtek Belum Diterima
Suasana pelaksanaan Bimtek KPPS di Balai Serbaguna Kecamatan Tinanggea, Konawe Selatan. Foto: Riksan Jaya/Telisik

" Uang transportasi pelantikan dan bimbingan teknis (Bimtek) untuk anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kecamatan Tinanggea belum dibayarkan oleh pihak penyelenggara "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Uang transportasi pelantikan dan bimbingan teknis (Bimtek) untuk anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kecamatan Tinanggea belum dibayarkan oleh pihak penyelenggara.

Diketahui, Bimtek yang dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tinanggea ini, diikuti oleh lebih dari 600 KPPS dibagi dalam dua gelombang di Balai Serbaguna Kecamatan Tinanggea.

Dimana gelombang pertama pada tanggal 26 Januari 2024 dan gelombang kedua pada 27 Januari 2024.

Baca Juga: Kasus Siswi SMK Kendari Viral Isap Sinte Ditutup, Ini Alasannya

Saat akan menutup kegiatan bimtek pada Sabtu (27/1/2024), Deni selaku Ketua PPK Kecamatan Tinanggea mengaku dana transport untuk KPPS belum bisa diberikan karena dana tersebut belum ditransfer ke rekening penampung, yakni PPS kelurahan/desa se-Kecamatan Tinanggea.

Saat dikonfirmasi mengenai pernyataan tersebut, Deni mengatakan penyaluran dana tersebut masih dalam Proses.

 

“Untuk sementara dalam proses,” jawabnya melalui pesan WhatsApp, Senin (29/1/2024).Merespon hal tersebut, salah seorang anggota KPPS yang enggan disebutkan namanya mengaku heran mengapa dana transport Bimtek tersebut hingga saat ini belum diberikan.

“Saya bingung kenapa uang saku kami belum diberikan, alasannya katanya karena uang saku untuk KPPS belum ditransfer ke masing-masing PPS. Sementara keterangan KPU RI yang kita lihat di Instagram sudah di alokasikan ke masing-masing daerah,” ujarnya, Minggu (28/1/2024).

Ia juga menyampaikan baru mengetahui dari teman yang berada di Kota Kendari jika pelantikan KPPS ada dana transport yang disediakan.

“Kalau untuk biaya transport pelatikan KPPS saya kurang tau ada atau tidaknya, karena sampai kegiatan selesai tidak ada pemberitahuan apapun terkait biaya transport, seperti biaya transport bimtek yang ditunda. Saya dengar dari teman KPPS di Kendari mereka ada diberikan biaya transport waktu hari pelantikan sebesar Rp 50 ribu,” bebernya.

Dalam media sosial Instagram tersebar salah satu balasan akun kpu_ri terhadap ajieprihatna13 yang mempertanyakan dana transport pelantikan dan bimtek.

Baca Juga: Siswi SMK Diduga Isap Rokok Berisi Tembakau Sintesis di Kendari Diamankan Polisi

“Uang transport untuk pelantikan sudah disiapkan dan didistribusikan ke KPU Kabupaten/Kota, seluruh KPPS yang menghadiri pelantikan dan bimtek akan mendapatkan uang transport sesuai ketentuan tergantung wilayahnya,

pembayaran uang transport dikelola oleh PPS di setiap desa/kelurahan,” tulis kpu_ri, yang dikutip pada Sabtu (27/1/2024).

Tim Telisik.id sudah berupaya untuk mengkonfirmasi penyebab dana transport pelantikan dan bimtek KPPS tertahan kepada pihak PKK Kecamatan Tinanggea, namun hingga berita ini dibuat belum mendapat balasan. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga