Kualitas Rendah, Jalan di Butur Selesai Dikerjakan Seketika Itu Juga Rusak

Aris, telisik indonesia
Sabtu, 26 Februari 2022
0 dilihat
Kualitas Rendah, Jalan di Butur Selesai Dikerjakan Seketika Itu Juga Rusak
Kondisi jalan rusak di Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Meskipun menghabiskan dana yang besar, kualitas jalan provinsi di Butur sangat rendah. Terbukti, jalan langsung rusak begitu selesai dikerjakan "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Peningkatan jalan provinsi di Kabupaten Buton Utara (Butur) tahun anggaran 2022 mendapatkan kucuran anggaran puluhan miliar.

Namun meskipun menghabiskan dana yang besar, kualitas jalan sangat rendah. Terbukti, jalan langsung rusak begitu selesai dikerjakan.

Hal itu diungkapkan Ketua Lembaga Pemerhati Infrastruktur Daerah dan Anti Korupsi Sulawesi Tenggara (Lepidak Sultra), La Ode Harmawan, SH.

Dia mengingatkan Pemerintah Provinsi Sulta agar selektif memilih kontraktor. Karena menurutnya, kontraktor yang dipercaya selama ini untuk menangani pekerjaan jalan provinsi di Kabupaten Butur adalah kontraktor tambal sulam.

"Karena selama ini pekerjaan peningkatan jalan provinsi di Kabupaten Buton Utara, selesai dikerjakan seketika itu juga rusak," kata Harmawan, Jumat (25/2/2022).

Baca Juga: Akun Herkules Kembali Unggah Jalan Provinsi Rusak Parah di Desa Bubu Butur

Modus seperti ini tidak bisa dibiarkan terjadi terus menerus, karena kata dia, percuma setiap tahun dilakukan pekerjaan jalan tetapi kerusakan jalan tidak pernah tuntas.

Baca Juga: Surunuddin Sebut Kerusakan Jalan Provinsi di Konsel Jadi Kendala Produksi Pertanian

"Saya yakin ada sistem yang keliru dalam pelaksanaan pekerjaannya, karena saya amati, kontraktor yang mendapatkan pekerjaan minim peralatan," ujarnya.

Sehingga mereka baru sibuk cari alat setelah uang muka cair. "Ini modusnya selama Ini dan sudah membudaya," sambungnya.

Harmawan mengaku akan mengawasi dan jika ada indikasi korupsi, kolusi dan nepotisme, dia tidak akan ragu-ragu untuk melaporkan kepada Aparat Penegak Hukum dalam hal Ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kejaksaan Agung, Mabes Polri, Indonesia Coruption Watch (ICW), Tipidkor Polda Sultra, Kejaksaan Tinggi Sultra, Tipikor Polres Butur maupun Kejaksaan Negeri Muna. (C)

Reporter: Aris

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga