Kukuhkan Anggota Paskibraka, Ini Pesan Pj Bupati Muna Barat La Ode Butolo

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 16 Agustus 2024
0 dilihat
Kukuhkan Anggota Paskibraka, Ini Pesan Pj Bupati Muna Barat La Ode Butolo
71 anggota Paskibraka tahun 2024 di kabupaten Muna Barat dikukuhkan oleh Pj Bupati La Ode Butolo, di Lapangan Sepak Bola Wamelai, Kamis (15/8/2024). Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Sejumlah 71 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, dikukuhkan oleh Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, Kamis (15/8/2024) "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sejumlah 71 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, dikukuhkan oleh Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, Kamis (15/8/2024).

Pengukuhan, yang dibarengi dengan pengucapan Ikrar Pemuda Indonesia, dilakukan di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa. Mereka selanjutnya akan bertugas saat upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Pembentukan Paskibraka, kata Butolo, berpedoman pada Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Paskibraka. Dia memastikan bahwa mereka yang terpilih merupakan putra-putri terbaik serta kader bangsa.

“Mereka yang bertugas mengibarkan dan menurunkan duplikat bendera Pusaka Merah Putih pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) nantinya akan menjadi Duta Pancasila,” ujar Butolo.

Pasca menjalankan tugas sebagai anggota Paskibraka, sesuai Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022, kata Butolo, mereka kemudian akan disebut sebagai Purna Paskibraka.  

Baca Juga: Daftar Nama 76 Anggota Paskibraka Bertugas di IKN dan Asal Daerah

Anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan itu terlatih secara disiplin sehingga dapat memanajemen waktu serta dapat bekerja sama dengan tim.

“Anggota Paskibra ini semoga dapat menjadi role model sebagai pelajar yang berprestasi, disiplin, dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi,” harap mantan Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Kemasyarakatan Setda Sultra ini.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Muna, Hamse, mengatakan anggota Paskibraka yang dikukuhkan akan menjadi generasi masa depan yang tangguh, terus berkarya, serta mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga: Oknum ASN Kesbangpol Diduga Sebar Video Anggota Paskibraka Muna Pingsan di Akun FB Liwuku Raha

Mereka juga diharapkan memiliki integritas yang baik sehingga dapat membawa pengaruh positif dalam pergaulan dan bagi lingkungannya.

“Semoga dapat menjadi insan yang memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, ulet, tegar, dan pantang menyerah berjuang demi kemajuan Kabupaten Muna Barat  yang kita cintai serta bangsa dan negara,” harap Hamse.

Pengukuhan anggota Paskibraka Kabupaten Muna ini dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala sekolah, dan orangtua masing-masing anggota Paskibraka. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga