Kunjungi KKN Exspo IAIN Kendari, Staf Khusus Menteri Agama RI: Ini Patut Dicontoh

Wahyudin Wahid, telisik indonesia
Minggu, 03 September 2023
0 dilihat
Kunjungi KKN Exspo IAIN Kendari, Staf Khusus Menteri Agama RI: Ini Patut Dicontoh
Staf Khusus Menteri Agama, Abu Rahmat yang didampingi oleh Rektor IAIN Kendari, Husain Insawan beserta jajaran saat melihat salah satu hasil produk mahasiswa KKN IAIN Kendari di arena expo. Foto: Wahyudin Wahid/Telisik

" Staf Khusus Menteri Agama Republik Indonesia, Abu Rahmat, menghadiri dan membuka kegiatan KKN Expo IAIN Kendari 2023 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Staf Khusus Menteri Agama Republik Indonesia, Abu Rahmat, menghadiri dan membuka kegiatan KKN Expo IAIN Kendari 2023 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Minggu (3/9/2023).

Usai membuka kegiatan, Abu Rahmat berkesempatan melihat langsung produk-produk mahasiswa di arena expo. Dia mengapresiasi pengembangan yang dilakukan IAIN Kendari melalui unit lembaga LP2M untuk melihat potensi kreativitas mahasiswa dalam menciptakan produk yang mereka dapatkan selama melaksanakan KKN. Dia meminta Rektor IAIN Kendari untuk terus mengembangkan kegiatan ini.

Rahman berharap, kegiatan utu bisa dijadikan rule model oleh perguruan tinggi lain, terkhusus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dalam skala nasional, serta meminta pihak IAIN Kendari untuk menjadikan hasil produk mahasiswa ini sebagai salah satu indikator penilaian akademik.

Baca Juga: Niat Bantu Korban Kebakaran, Aksi Galang Dana Mahasiswa IAIN Kendari Dibubarkan Satpol PP

"Ini merupakan terobosan yang luar biasa, biasanya setelah nilai dan sertifikat keluar, KKN berakhir begitu saja. Nah, sekarang di IAIN Kendari sudah ada eksponya," tutur Abu Rahmat kepada Telisik.id.

Menanggapi pernyataan Stafsus Mentri Agama tersebut, Rektor IAIN Kendari, Husain Insawan mengatakan, produk mahasiswa yang dipamerkan bisa disertifikasi sebagai hak kekayaan intelektual, serta bisa diperkenalkan ke pasar-pasar lokal, nasional, bahkan internasional.

Baca Juga: Ormawa IAIN Kendari Galang Dana untuk Korban Kebakaran Andoolo

Pantauan Telisik.id di lapangan, Abu Rahmat membuka kegiatan itu sekitar pukul 11.35 Wita. Usai membuka kegiatan, dirinya didampingi Rektor IAIN Kendari beserta jajaran, melihat langsung produk-produk yang dipamerkan mahasiswa di arena KKN Expo.

Dari keterangan Ketua Pelaksana KKN Expo IAIN Kendari 2023, Syamsuddin, diketahui jumlah peserta expo sebanyak 1.112 mahasiswa, terdiri dari 1070 KKN reguler, 30 nusantara moderasi beragama, dan 20 KKN kerjasama.

Produk yang terdata sebata 218 produk dari berbagai kategori, di antaranya makanan, kecantikan, kesehatan, kerajinan tangan, serta pupuk/pestisida organik. (A)

Penulis: Wahyudin Wahid

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga