Lakukan Tes Kesehatan, AJP-ASLI Sebut Proses Tercepat

Nur Fauzia, telisik indonesia
Sabtu, 31 Agustus 2024
0 dilihat
Lakukan Tes Kesehatan, AJP-ASLI Sebut Proses Tercepat
AJP-ASLI usai melakukan tes kesehatan di RSUD Kota Kendari. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, Andi Jaya Putra (AJP) dan Andi Sulolipu (ASLI), menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai persyaratan pencalonan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Rumah Sakit Umum Daerah "

KENDARI, TELISIK.ID - Bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, Andi Jaya Putra (AJP) dan Andi Sulolipu (ASLI), menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai persyaratan pencalonan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, Sabtu (31/8/2024).

AJP mengungkapkan bahwa ia bersama pasangannya telah menyelesaikan seluruh rangkaian tes kesehatan. Menurutnya, mereka adalah pasangan calon yang tercepat dalam menjalani pemeriksaan dibandingkan dengan calon lainnya yang membutuhkan waktu hingga dua hari.

"Besok, kami akan menjalani psikotes bersama kandidat lainnya. Kami berharap hasilnya memuaskan dan memenuhi syarat untuk bertarung di Pemilihan Wali Kota Kendari," ujar AJP.

Baca Juga: Pasangan Sumarling-Timber Jalani Pemeriksaan Kesehatan: Alhamdulillah Sehat Walafiat

Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman, Sp.PA, MARS, M.Kes, menjelaskan bahwa psikotes akan dilakukan oleh para ahli.

Meskipun RSUD Kota Kendari tidak memiliki psikiater, pihaknya telah menandatangani MoU dengan perhimpunan psikiater di Kota Kendari yang berpengalaman.

Baca Juga: Umar Bonte Target Kemenangan 55 Persen untuk Ruksamin-Sjafei di Pilgub Sultra

Menanggapi perbedaan waktu pemeriksaan antara bapaslon, Sukirman menyatakan bahwa semua bapaslon telah dijadwalkan dengan waktu pemeriksaan yang sama.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh, menegaskan bahwa tes kesehatan adalah salah satu syarat pencalonan. Ia menambahkan bahwa KPU hanya akan menerima hasil dari para ahli untuk menilai kelayakan bapaslon.

"KPU hanya menerima kesimpulan hasil tes kesehatan untuk menilai apakah bapaslon mampu atau tidak. Tim pemeriksaan kesehatan yang ahli akan menentukan hal tersebut," pungkasnya. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga