Lapa-lapa Feat Ayam Kawolo Kuliner Khas Suku Muna di Hari Lebaran

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 23 Mei 2020
0 dilihat
Lapa-lapa Feat Ayam Kawolo Kuliner Khas Suku Muna di Hari Lebaran
Ayam Kawolo dengan lapa-lapa kuliner khas suku muna. Foto: Ibnu/Telisik

" Rasa ayam dan lapa-lapanya memang beda dari yang lain, ada bumbu khas diberikan terutama sama ayamnya seperti kawolo yang artinya itu daun kedondong makanya rasanya buat orang yang makan selalu ketagihan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Lapa-lapa bersama ayam kawolo merupakan menu kuliner khas yang wajib tersedia bagi Suku Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam menyambut hari raya Idul Fitri (lebaran).

Kuliner khas tersebut memang sudah jadi menu favorit bagi masyarakat yang bertempat di Kabupaten Muna. Rasa ayam yang khas dipadu dengan lapa-lapa selalu menggugah selera.

"Rasa ayam dan lapa-lapanya memang beda dari yang lain, ada bumbu khas diberikan terutama sama ayamnya seperti kawolo yang artinya itu daun kedondong makanya rasanya buat orang yang makan selalu ketagihan," ungkap warga Suku Muna, Siti Sabania, Sabtu (23/5/2020).

Saba sapaan akrab Siti Sabania juga menambahkan bahwa, kuliner tersebut memang menjadi sesuatu yang wajib dihidangkan di hari kebesaran baik memasuki Ramadan dan di hari raya Idul Fitri.

Baca juga: Lebaran, Wali Kota akan Silaturahmi Virtual Bersama Pasien COVID-19

"Wajib memang itu karena ada rangkaian kepercayaan adat suku Muna yang diiringi dengan kabasa (baca-baca)," tambahnya.

Selain itu, menu khas tersebut juga memang sudah dari dahulu ada yang diwariskan secara turun-temurun pada generasi yang ada di Suku Muna.

"Resepnya itu kami belajar dari nenek dan ibu kita terdahulu yang ada di kampung," pungkasnya.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Sumarlin

Baca Juga