Laporan Keuangan Baik, Kemenkeu Ganjar Pemkab Muna WTP

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 14 November 2022
0 dilihat
Laporan Keuangan Baik, Kemenkeu Ganjar Pemkab Muna WTP
Kepala KPPN Raha, Agustian Hendra menyerahkan plakat WTP dari Kemenkeu pada Bupati Muna, LM Rusman Emba. Foto : Sunaryo/Telisik

" Berdasarkan penilaian dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu), Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Muna Tahun 2021 sangat baik. Atas dasar itu, Kemenkeu mengganjar Pemkab Muna dengan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna terus mempertahankan prestasi pelaporan keuangan.

Berdasarkan penilaian dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu), Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Muna Tahun 2021 sangat baik. Atas dasar itu, Kemenkeu mengganjar Pemkab Muna dengan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Opini WTP ini, untuk yang ke enam kalinya dari Kemenkeu," kata Kepala KPPN Raha, Agustian Hendra, Senin (14/11/2022) saat menyerahkan plakat WTP.

Baca Juga: Ratusan Nelayan Kolaka Utara Keciprat Bantuan Mesin BBG

Opini WTP yang didapat Pemkab Muna dilandasi keyakinan memadai atas kesesuaian dengan SAP, kepatuhan terhadap ketentuan perundangan, efektifitas SPI dan kecukupan pengungkapan.

"Pemkab Muna sangat menjaga kualitas laporan pertanggungjawaban APBD dalam menjalankan tata kelola keuangan, meskipun dihadapkan pada tekanan masih berlangsungnya pandemi COVID-19," terangnya.

Menurut Agustian, opini WTP atas laporan keuangan menjadi salah satu indikator penting pengelolaan keuangan yang baik, sehingga dapat mendukung tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Porprov Nusa Tenggara Timur Resmi Bergulir, Wagub: Ini Bentuk Persiapan PON 2028

"Kami berharap capaian ini bisa terus dipertahankan," pintanya.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menyampaikan apresiasi terhadap penilaian yang dilakukan Kemenkeu. Kata dia, capaian itu tidak terlepas dari kerja keras organisasi perangkat daerah (OPD) yang tertib melakukan penyusunan dan pelaporan keuangan.

"Insya Allah, prestasi ini akan terus kita pertahankan," ujarnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga