Lawan COVID-19, KPM di Muna Dilatih Gunakan Aplikasi eHDW

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 25 Agustus 2020
0 dilihat
Lawan COVID-19, KPM di Muna Dilatih Gunakan Aplikasi eHDW
Bupati Muna, LM Rusman Emba bersama Kadis PMD, Rustam membuka pelatihan eHDW. Foto: Sunaryo/Telisik

" Program aplikasi tersebut sesuai Surat Edaran Desa PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tanggal 27 Mei 2020. Setiap desa wajib memilik aplikasi itu. "

MUNA, TELISIK.ID - Penyebaran COVID-19 di Kabupaten Muna belum juga mereda. Bahkan, sejauh ini akibat keganasan virus tersebut telah menelan nyawa dua warga.

Untuk mencegah penularan dan bertambahnya jumlah korban, Pemkab Muna melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) membekali Kader Pembangunan Manusia (KPM) di desa pengetahuan dengan menggunakan aplikasi Human Development Worker (eHDW) berbasis android.

Kadis PMD Muna, Rustam menerangkan, setiap desa wajib mengikuti pelatihan dan memiliki satu aplikasi tersebut dalam rangka untuk membantu kerja KPM dalam melakukan pendataan sasaran rumah tangga guna mendapatkan informasi serta penanganan perkembangan COVID-19.

"Program aplikasi tersebut sesuai Surat Edaran Desa PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tanggal 27 Mei 2020. Setiap desa wajib memilik aplikasi itu," kata Rustam.  

Baca juga: Pemakaman Pasien COVID-19, Dewan Soroti Satgas

Mantan Plt Kepala BKPSDM itu berharap para KPM mengikuti secara cermat sehingga program nasional melawan COVID-19 dimulai dari desa dapat terlaksana dengan baik.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba memberi semangat kepada peserta pelatihan. Menurutnya ilmu itu memberikan kontribusi penting dalam pekerjaan. Namun kemampuan mengaplikasikan ilmu menjadi nilai utama kesuksesan sebuah pekerjaan.

"Pelatihan ini sangat penting dengan tujuan bisa diimplementasikan ke masyarakat, sehingga tidak ada lagi korban jiwa akibat COVID-19," pesannya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga