Lindungi Lansia Terpapar dari Virus COVID-19

Siswanto Azis, telisik indonesia
Selasa, 05 Mei 2020
0 dilihat
Lindungi Lansia Terpapar dari Virus COVID-19
Jubir Satgas COVID-19 Sultra, dr. Laode Wayonk Rabiul Awal. Foto : Dul/Telisik

" Kalau pun terpaksa keluar rumah gunakan masker, batasi waktunya. Jika keluar rumah hindari kerumunan orang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Tenggara, dr. Laode Wayong Rabiul Awal mengatakan, beberapa cara untuk melindungi kelompok rentan dari virus Corona (COVID-19).

Kelompok rentan yang dimaksud, lanjutnya, yakni orang lanjut usia atau yang mempunyai riwayat penyakit kronis.

Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan tidak bepergian keluar rumah kecuali ada keperluan genting. Kata dia, apabila terpaksa keluar rumah, hindari penggunaan moda transportasi yang penuh sesak.

"Kalau pun terpaksa keluar rumah gunakan masker, batasi waktunya. Jika keluar rumah hindari kerumunan orang," kata dr. Wayonk kepada telisik.id, Selasa (05/05/2020).

Baca juga: Pengendalian Mudik di Bombana Dicap Tumpang Tindih

Ketika sampai di rumah harus segera melepas makser, cuci tangan dengan sabun serta air mengalir selama 20 detik dan berganti pakaian.

"Ini penting untuk melindungi kelompok rentan saudara-saudara kita yang berusia lanjut saudara kita yang berpenyakit kronis, karena kalau mereka terinfeksi COVID-19 akan dapat berakibat fatal," ungkap dia.

Sebelumnya pemerintah telah menyatakan bahwa, masih ada penularan virus corona di masyarakat. Ini menyebabkan kasus COVID-19 di Sultra hingga kini masih bertambah.

Berdasarkan data yang dihimpun hingga Selasa 05 Mei 2020, tercatat 798 kasus OTG,  219 kasus ODP, 12 kasus PDP, dan 64 positif COVID-19, 51 kasus positif masih dalam pemantauan, 4 orang sembuh serta 2 orang meninggal terpapar virus COVID-19.

Reporter: Dul

Editor: Sumarlin

Baca Juga